Diduga Lakukan Pungli, ASN Dispendik Penuhi Panggilan Satgas Saber Pungli

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Terkait indikasi Pungutan Liar (Pungli) di Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Bengkulu Utara, terkait pemberkasan sertifikasi guru, yang melibatkan oknum ASN dan THL Dispendik BU. Dimana, diketahui tahun 2018 sebanyak 1.517 guru yang tersertifikasi dengan indikasi dipungut uang Rp. 100 ribu hingga 500 ribu. Terlihat dua ASN Dispendik BU, penuhi panggilan penyidik Ketua dan Divisi Penindakan Satgas Saber Pungli Kabupaten Bengkulu Utara.

Baca :

Saber Pungli Kabupaten, Bakal Tindaklanjuti Dugaan Pungli Dispendik Bengkulu Utara

Dugaan Pungli Pemberkasan Sertifikasi Dispendik, Tembus Angka Ratusan Juta

Dugaan Pungli Pemberkasan Sertifikasi, Disinyalir Libatkan 6 Oknum Pegawai Dispendik Bengkulu Utara

Sst..Pemberkasan Sertifikasi Guru Bengkulu Utara, Diduga Ada Pungutan Uang

Pengusutan Dugaan Korupsi Mebelair Mangkrak, Tipidkor Belum Terima Audit Inspektorat

Pantauan dilapangan, terlihat oleh awak media dua ASN Dispendik Bengkulu Utara mendatangi gedung Reskrim Polres Bengkulu Utara, pada Selasa (12/3) sekitar pukul 13.30 WIB. Dimana kedua ASN tersebut diketahui, Kabid GTK berinisial AK dan stafnya AB yang langsung disambut oleh Kanit Tipidkor Polres BU yang merupakan dari divisi penindakan Satgas Saber Pungli Kabupaten Bengkulu Utara.

Disampaikan Ketua Satgas Saber Pungli Kabupaten BU Kompol Erwin, S.Ik, pihaknya akan seriusi terkait dugaan pungli ini. Yang mana, pihaknya akan memanggil pihak-pihak terkait dengan pemberkasan sertifikasi.

“Hari ini kita (Satgas,red) akan meminta klarifikasi kepada pihak terkait terlebih dahulu,” ujar Erwin.

Erwin pun membeberkan, pihaknya akan menggali informasi terlebih dahulu. Selain itu, pihaknya juga akan menggali informasi dari sumber lainnya.

“Saat ini kita menggali informasi terlebih dahulu, dengan adanya indikasi dugaan pungli, yang dilakukan Dispendik Bengkulu Utara tersebut,” tandasnya.

Dua ASN Dispendik Diperiksa Penyidik

Sementara itu, Divisi Penindakan Satgas Saber Pungli Bengkulu Utara, Kasat Reskrim AKP Jufri, S.Ik melalui Iptu. Donald Sianturi, SH mengaku, pihaknya saat ini masih melakukan pemanggilan dan meminta klarifikasi soal adanya dugaan pungli pemberkasan sertifikasi.

“Iya, saat ini kita baru sebatas pemanggilan, untuk mendapatkan dan mengumpulkan keterangan dan informasi, terkait dugaan pemberkasan sertifikasi guru ini. Ini bisa dilihat sendiri, dua ASN masih diperiksa penyidik,” bebernya.

Lebih jauh Kanit Tipidkor Polres BU ini menyampaikan, pihaknya akan menelusuri lebih jauh, pihak-pihak yang terkait di dalam pemberkasan sertifikasi ini. Untuk saat ini, masih melakukan pemanggilan terhadap pihak terkait di Dispendik Bengkulu Utara, setelah ini akan memanggil pihak terkait para guru yang menyebutkan dipungut uang tersebut.

“Pemanggilan ini baru sebatas Kabid, kita meminta keterangan dan klarifikasi tindak lanjutnya seperti apa. Nanti kita sampaikan lagi,” demikian Donald.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment