Inspektorat Dan Panwaslukab Pastikan Oknum Ketua Panwaslucam Disanksi
Dugaan Perbuatan Cabul, Rusak Marwah Pengawas dan Pemerintah

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), belum dapat memberikan sanksi kepada oknum Ketua Panwaslucam Arga Makmur berinisial Iw yang diduga melakukan perbuatan cabul alias pelecehan seksual, meskipun sang oknum telah merusak marwah penyelenggara pemilu. Namun demikian, sanksi akan langsung dijatuhkan jika hasil Aparat Penegak Hukum (APH) memiliki kejelasan hukum yang jelas atas perbuatan sang oknum. Hal ini disampaikan oleh Divisi penindakan dan Pelanggaran Panwaslu Kabupaten BU Tugiran, S.Pd, M.Pd kepada awak media.

Baca : Corengi Lembaga, Oknum Ketua Panwaslucam Ngaku Ke Atasan Dugaan Cabul Ada Unsur Dendam

” Sejujurnya jika dalam aturan untuk pemberian sanksi oknum ini (Iw,red) masih kita pelajari, namun secara etika oknum ini sudah tidak memenuhi syarat menjadi penyelenggara pemilu lagi, lantaran yang bersangkutan telah merusak marwah Panwaslu. Maka dari itu, selama kami masih mempelajari aturan yang ada dan koordinasi dengan pihak Bawaslu provinsi terkait sanksi oknum ini, kami juga akan berkiblat dari hasil APH dalam menindaklanjuti laporan resmi atas perbuatan tidak senonoh oknum ini kepada stafnya tersebut,” ujar Tugiran.

Lebih jauh Tugiran memaparkan, pihaknya tidak akan gegabah dalam mengambil keputusan atas salah satu bawahannya tersebut. Jika diungkapkan secara etika dari penyelenggara pemilu ini jelas bukan lagi etika seorang pengawas, yang sudah sangat mencoreng nama baik dari lembaga pengawas pemilu ini. Namun demikian, kejadian yang tidak semestinya terjadi ini akan menjadi pembelajaran bagi seluruh pengawas pemilu agar hal serupa tidak terulang lagi.

” Sebenarnya kami sudah meminta kepada yang bersangkutan agar mengundurkan diri secara baik-baik, namun yang bersangkutan hingga saat ini tidak juga kunjung menyerahkan surat pengunduran diri. Untuk itu, pihaknya akan segera menindaklanjuti perbuatan tidak senonoh iw Ini, untuk dapat diambil keputusan yang tepat,” bebernya.

Baca sambungan Kadis DPPA angkat bicara ———->

Related posts

Leave a Comment