Telurkan Siswa Berprestasi, SMAN 2 BU Geber Kualitas Pendidik

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Guna peningkatan kualitas pendidikan terkhusus untuk menelurkan murid berprestasi, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Bengkulu Utara, berprinsip untuk memperbaiki kualitas tenaga pendidik. Pasalnya, jika tenaga pendidik memiliki kualitas super, tentunya murid yang ditelurkan akan berprestasi. Hal ini diungkapkan oleh Kepala SMAN 2 Bengkulu Utara, disela-sela kebiatan In House Training (IHT) Penyusunan Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP), dan Pembuatan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) tahun 2019, selama 4 hari, bertempat di aula sekolah setempat beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut, disampaikan Drs. Kaman selaku Kepala Skeolah SMAN 2 BU, adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran berbasis Teknologi Informatika (IT), seperti RPP, e-Modul, e-Raport, dan soal-soal HOTS, sesuai Juknis dan Juklak 2013.

“Jika kompetensi guru baik, ditambah wawasan ilmu pengetahuan yang luas, dan RPP terdesain dengan baik pula, maka nanti dalam proses belajar-mengajar akan tercapai tujuan akhirnya, yaitu materi akan mudah diserap oleh siswa/siswi,” jelasnya.

Kaman pun menambahkan, harapan lain dengan digelarnya IHT ini, disamping dalam proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan baik. Juga, sasaran akhirnya begitu siswa/siswi menyelesaikan studinya, bisa diterima pada perguruan tinggi, baik melalui jalur SNPTN, SBMPTN maupun jalur Mandiri.

“Buktinya, tahun 2019 ini, sebanyak 84 siswa/siswi kita diterima di PTN tanpa tes, dan siswa undangan, serta 18 lainnya mendapat Beasiswa Bidikmisi,” sambung Kaman dengan bangga.

Disamping itu, kualitas guru saat ini sudah terbilang mumpuni. Terbukti, saat ada Uji Kompetensi Guru (UKG). Dari 15 mata pelajaran yang ada, 6 guru kita meraih Juara I Tingkat Kabupaten, dan 3 guru lainnya meraih juara 2. Sehingga ada 9 guru menjadi instruktur mata pelajaran di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Untuk mengejar prestasi kedepan, baik guru GTT, GBD, dan PTT, harus meningkatkan kompetensi serta wawasannya, guna menunjang proses belajar-mengajar, melalui program IHT,” imbuhnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment