KASN : Pejabat Eselon II Wajib Diklat PIM

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Persyaratan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) bagi pejabat eselon II dilingkup Pemerintahan baik Provinsi maupun tingkat Kabupaten/kota. Harus diwajibkan, untuk mengikuti Diklat Pim. Namun bagi para pejabat yang belum memiliki sertifikat Diklat Pim, pihak Pemerintah Daerah harus segera untuk mediklatkan pejabat-pejabat tersebut. Hal ini disampaikan langsung, oleh Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Sumardi ketika dikonfirmasi awak media.

“Pada dasarnya Diklat Pim ini wajib, bagi pejabat dilingkup pemerintah daerah,” kata Sumardi.

Terkait dengan hal tersebut di Pemkab BU saat ini, masih banyak pejabat eselon II dilingkup Pemkab BU. Yakni, para kepala dinas yang saat ini masih belum memiliki Diklat Pim, terlebih lagi dalam proses lelang jabatan di 11 OPD. Dimana, dalam proses lelang jabatan tersebut, untuk Diklat Pim tidak termasuk didalam persyaratan, namun dimasukan dilampiran surat lamaran apabila memiliki sertifikat Diklat Pim.

“Untuk permasalahan ini memang dari PP nomor 11 tahun 2017, memang tidak secara jelas, secara gamlang. Bahwa Diklat Pim masuk dalam persyarata dalam proses lelang jabatan. Namun Diklat Pim tersebut wajib apbila pejabat tersebut setelah menduduki jabatanya tesebut minimal 2 tahun menjabat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sumardi menyampaikan, apabila pejabat tersebut belum juga melakukan Diklat Pim namun sesuai aturan baik itu pejabat eselon IV, III, II wajib memiliki Diklat Pim. Memang diakuinya, ini tidak berpengaruh dengan tunjangan dan gaji pejabat tersebut.

“Meski tidak berpengaruh dengan gaji dan tunjangan, sesuai dengan aturan para pejabat di linkup Pemerintah daerah wajib mengikuti Diklat Pim,” tukasnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment