Diduga Korupsi, Kejari Bengkulu Utara Tetapkan Kades Tanjung Raman Tersangka

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Akhirnya, perjalanan indikasi korupsi Kepala Desa Tanjung Raman Kecamatan Arga Makmur Bengkulu Utara Suranto (47), berakhir di Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Utara. Pasalnya, Jum’at (26/6), Kades Tanjung Raman telah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan melakukan tindak pidana korupsi pengelolan anggaran dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tahun 2017-2018, dan juga indikasi korupsi kegiatan fisik Dana Desa. Penetapan tersangka ini, disampaikan langsung dalam jumpa pers yang dilakukan oleh pihak Kejari BU, dipimpin langsung oleh Kasi Intel Kejari BU Denny Agustian SH MH.

“Ya, setelah tim penyidik Kejari BU, melakukan beberapa rangkaian penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana korupsi, yang dilakukan oleh Kades Tanjung Raman Suranto, akhirnya kita tetapkan jadi tersangka, atas dugaan telah melakukan tindak pidana korupsi pengelolan anggaran dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tahun 2017-2018 serta kegiatan fisik sarana dan prasarana Dana Desa (DD) tahun 2018,” ujar Kasi Intel.

Denny juga menambahkan, tersangka Suranto saat ini sudah dititipkan di Ruang Tahanan (Rutan) Polres BU, terhitung 20 hari sejak ditetapkan menjadi tersangka.

“Tersangka, terhitung hari ini (26/6) hingga 20 hari kedepan, kita titipkan di rutan Polres BU,” bebernya.

Lebih jauh Denny menjelaskan, bahwa untuk total kerugian negara pada kegiatan DD saat ini masih akan dilakukan penyidikan lebih lanjut. Namun, untuk anggaran kegiatan DD tahun 2018, yang diduga tidak dapat dipertanggung jawabkan oleh Kades tersebut, sebesar Rp 460 juta pada kegiatan fisik yang dilakukannya, ditambah dengan pengelolaan dana Bumdes 2017-2018 dengan total Rp 120 juta.

“Untuk masalah beberapa total kerugian, nanti akan kita informasikan atas perkembangan penyidikan selanjutnya,” pungkasnya.

Baca juga :

Deadline Pengembalian KN Bumdes Tanjung Raman Tanggal 10 Juni 2020

Eks Ketua Bumdes Merasa Ditipu Kades Tanjung Raman Arga Makmur

Terindikasi Fiktif, Bumdes Desa Tanjung Raman Infonya Diusut Penegak Hukum
Menarik, Terungkap Dana Bumdes Desa Tanjung Raman Dibelikan Lahan Oleh Kades

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment