Bimtek Sakip, Serupiah Dana APBD Mampu Membuahkan Hasil

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Dalam meningkatkan implementasi sistem, dan akuntabilitas kerja instansi pemerintahan, khususnya wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Sebagaimana, yang telah diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan pemerintahan.

Bimtek Sakip
Kepala Bappeda Bengkulu Utara

Jumat (15/2) , seluruh jajaran kepala SKPD di Kabupaten Bengkulu Utara, mengikuti Bimbingan Teknis (BimTek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini, yakni Bapak Kamaruddin, AK.MSC, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Dan Evaluasi Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Wilayah 1 Kementerian Pan-RB.

Bimtek Sakip
Kamaruddin, AK.MSC
Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Dan Evaluasi Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Wilayah 1 Kementerian Pan-RB

Disampaikan oleh Siti Qori’ah Rosydiana, selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bengkulu Utara, yang menjadi leading sektor dalam kegiatan ini menyampaikan. Kegiatan ini, merupakan suatu usaha bagaimana dalam suatu instansi pemerintahan, bukan hanya berprioritas kepada program dan kegiatan. Tetapi, bagaimana untuk lebih bisa mengorientasikan kinerja suatu OPD, terhadap hasil yang lebih baik, dan lebih bermanfaat langsung terhadap masyarakat Bengkulu Utara.

“Disini khususnya kita, bagaimana merubah paradigma instansi Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara ini, dari paradigma keuangan menuju paradigma yang berorientasi terhadap hasil,” ujar Siti.

Bimtek Sakip
Giat Bimtek SAKIP Bengkulu Utara

Disamping itu, Komaruddin juga menyampaikan, setiap instansi di Bengkulu Utara mampu untuk saling bekerja sama. Dalam hal meningkatkan, kualitas kinerja dan untuk menuai hasil kerja yang maksimal, dalam hal ini bukan hanya program. Namun, bagaimana melaksanakan suatu program dengan baik, dan dapat di aplikasikan secara penuh dalam pelaksanaannya.

“Jadi dalam hal ini ditekankan, jangan hanya sekedar melaksanakan program kegiatan. Namun, hasilnya tidak jelas, jadi hal itu yang akan kita perbaiki untuk kedepannya,” jelas Kamaruddin.

“Kita pastikan juga, bahwa instansi pemerintah mampu merencanakan dengan baik, mampu melaksanakan, mampu melaporkan keuangan. Dan konsekuensinya, bahwa setiap 1 Rupiah dana APBD, mampu membuahkan hasil atau manfaat langsung, yang dirasakan oleh masyarakat,” tutupnya.

Laporan : redaksi

Related posts

Leave a Comment