Warga Bengkulu Utara Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak Di Pusat Kota Arga Makmur

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Berlangsung sejak beberapa hari belakangan, masyarakat Bengkulu Utara khususnya yang berdomisili di Kota Arga Makmur dan sekitarnya, bergotong royong melakukan penambalan jalan rusak yang ada di pusat kota Arga Makmur, menggunakan alat dan material seadanya. Dalam hal ini, masyarakat dibantu dengan relawan demokrasi kolom kosong, yang mensupport aksi masyarakat ini.

Disampaikan oleh Syam warga Kelurahan Purwodadi Kecamatan Arga Makmur BU, aksi dari swadaya masyarakat ini merupakan bentuk keprihatinan terhadap kerusakan infrastruktur jalan, yang dinilai belum tersentuh perbaikan. Selain melakukan aksi perbaikan, masyarakat yang dibantu relawan ini juga menggaungkan dan mensosialisasikan Kolom Kosong dalam Pilkada Bengkulu Utara.

“Ini bentuk sindiran masyarakat terhadap kondisi infrastruktur di Bengkulu Utara saat ini, terlebih kepada yang mengaku sudah membangun jalan di BU. Nyatanya, jalan di pusat kota saja tidak diperhatikan. Maka itu, karena kami dibantu relawan kolom kosong, kami pun mensosialisasikan pencoblosan kolom kosong yang dinilai sah. Mengingat, kerusakan jalan yang ada saat ini, dinilai sudah sangat parah, yang dikhawatirkan akan memakan korban dari warga, yang melintasi jalan rusak tersebut,” ujar Syam.

Ditambahkan oleh Dedy Syafroni, yang diketahui Ketua Demokrasi Relawan Kolom Kosong, aksi masyarakat ini dinilainya sangat positif. Terlebih lagi, aksi ini untuk mengurangi kekhawatiran kecelakaan yang terjadi akibat kerusakan jalan yang dalam keadaan memprihatinkan.

“Menurut saya, jalan merupakan infrastruktur penunjang dalam mengerakkan perekonomian pasar. Semestinya, ini menjadi perhatian utama, terlebih lagi infrastruktur jalan yang berada di pusat ibukota Kabupaten. Alhamdulillah, perbaikan jalan seadanya ini mendapatkan sumbangan semua bahan yang digunakan murni sumbangsih dari masyarakat,” bebernya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PUPR) Kabupaten Bengkulu Utara, Heru Susanto, sambut positif aksi masyarakat ini. Ia pun mengungkapkan, meski merupakan tanggungjawab pemerintah, sudah semestinya seluruh elemen masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam mensukseskan pembangunan tersebut.

“Kami berterima kasih sekali, atas kasi dari masyarakat ini. Yang jelas, pembangunan merupakan tugas pemerintah, namun peran serta dari masyarakat sangat-sangat dibutuhkan, agar semua pembangunan berjalan dengan baik,” kata Heru.

Sejauh ini, Heru menyebutkan Pemerintah Daerah BU, sudah membangun akses infrastruktur jalan di kabupaten BU ini sepanjang 146.22 KM. Berdasarkan data yang ada, di Bengkulu Utara sudah sebanyak 324 KM infrastruktur jalan dalam kondisi baik. Kendati demikian, ia pun menjelaskan meski pembangunan belum bisa menyentuh seluruh wilayah, pihaknya akan terus berkomitmen untuk membenahi infrastruktur secara bertahap.

“Tanggungjawab pembangunan serta pemeliharaan, bukan berada di tangan pemerintah saja, tapi juga ada ditangan masyarakat. Selain itu, ada juga tanggungjawab dari perusahaan, yang sudah sejatinya ikut membantu membenahi infrastruktur jalan lewat CSR. Kami harap kedepan, masyarakat, pemerintah dan perusahaan dapat bersinergi membangun BU untuk bisa lebih baik lagi,” demikian Heru.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment