PN Arga Makmur Telah Tetapkan Majelis Hakim, Untuk Perkara Gugatan Nasabah Terhadap Bank BRI Arga Makmur

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Terkait adanya gugatan salah satu masyarakat desa Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara bernama Mahyudin (32), ke Pengadilan Negeri (PN) Arga Makmur yang merasa dirugikan oleh pihak Bank BRI Cabang Arga Makmur, terhadap dirinya sebagai nasabah. Pihak PN Arga Makmur, membenarkan bahwa pada tanggal 16 November 2021 telah menerima pendaftaran gugatan tersebut, oleh Kuasa Hukum Penggugat melalui aplikasi e-court. Kemudian, juga telah menetapkan Majelis Hakim yang memeriksa perkara, serta Panitera telah menunjuk Panitera Pengganti dan Juru Sita. Hal ini disampaikan, oleh Juru Bicara PN Arga Makmur Rudanti Widianusita, S.H., M.H., kepada awak media, Senin (22/11).

“Baik, benar bahwa kami sudah menerima pendaftaran gugatan atas nama Penggugat Mahyudin, yang didaftarkan oleh Kuasa Hukum Penggugat pada 16 November 2021 lalu. Melalui, aplikasi e-court dengan nomor register perkara 28/Pdt.G/2021/PN Agm. Selanjutnya, Ketua PN Arga Makmur juga sudah menetapkan Majelis Hakim yang memeriksa perkara. Serta, Panitera telah menunjuk Panitera Pengganti serta Juru Sita” ujarnya.

Rudanti pun menjelaskan, dalam perkara ini pihaknya menerima gugatan melalui Kuasa Hukum Penggugat. Yang mana, pihak PT Bank BRI Arga Makmur Cq Unit Padang Jaya menjadi Tergugat I. Kemudian, yang menjadi Tergugat II yakni Kementerian Keuangan RI Cq Direktur Jendral Kekayaan Negara Cq Kantor Wilayah DJKN Lampung Bengkulu Cq Kantor KPKNL Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Bengkulu. Selanjutnya, yang menjadi Tergugat III bernama Gede Ari Gelana serta yang menjadi Turut Tergugat adalah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bengkulu Utara.

“Sesuai penetapan agenda sidang, yang ditetapkan oleh Majelis Hakim. Sidang pertama nanti, akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2021,” jelasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, sidang ini dilaksanakan dengan rentang waktu selama dua minggu, sejak gugatan didaftarkan. Dikarenakan, adanya pihak yang berada di luar daerah hukum PN Arga Makmur, yakni di wilayah Kota Bengkulu. Sehingga, pihaknya melakukan pemanggilan dengan teknis delegasi oleh Juru Sita dari PN Bengkulu. Untuk tahapan perkara ini, masih dalam proses pemanggilan para pihak. Melalui aplikasi e-summons untuk Kuasa Hukum Penggugat. Pemanggilan melalui relaas panggilan, yang disampaikan oleh juru sita PN Arga Makmur untuk Tergugat I, Tergugat III dan Turut Tergugat. Serta, pemanggilan melalui delegasi panggilan kepada Tergugat II.

“Untuk perkara ini, kami mendelegasikan pemanggilan selama dua minggu kepada pihak PN Kota Bengkulu. Tentunya tahapan awal ini, masih proses pemanggilan,” bebernya.

Disinggung, seperti apa perihal gugatan yang dilayangkan oleh Penggugat kepada para Tergugat dan Turut Tergugat. Juru Bicara PN Arga Makmur pun menerangkan, bahwa didalam Hukum Acara Perdata dikenal 2 perihal materi gugatan. Yaitu, mengenai Perbuatan Melawan Hukum (PMH) dan mengenai Wanprestasi. Dapat disampaikan, perkara perdata gugatan dengan nomer register perkara 28/Pdt.G/2021/PN Agm, perihalnya adalah Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

“Perihal konten gugatan, kami belum dapat menerangkan lebih lanjut. Karena, persidangan pun belum dimulai dan masih terdapat kemungkinan Penggugat dapat merubah gugatannya,” pungkasnya.

Baca artikel terkait :
Lagi Dinilai Rugikan Nasabah, Bank BRI Arga Makmur Digugat Ke Pengadilan

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment