Pemkab Bengkulu Utara Kembali Raih WTP

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Suatu prestasi yang sangat membanggakan, yang telah dilakukan oleh Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian. Dimana di bawah kepemimpinannya, Pemerintah Kabupaten BU kembali mendapatkan penghargaan atas diperolehnya, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu, atas laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2018, oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, Ismed Saputra SE MM. Raihan prestasi ini, merupakan kali keduanya yang didapatkan oleh Pemkab BU secara berturut-turut.

Pelaksanaan penyerahan penghargaan tersebut, berlangsung di Balai Daerah Pemkab BU yang diterima langsung oleh Bupati BU Ir H Mian, didampingi oleh Wabup BU Arie Septia Adinata SE MAp, Sekda BU Dr Haryadi SPd MM MSi, serta dihadiri seluruh pimpinan SKPD se Kabupaten BU, kemarin (1/10).

Bupati BU Ir H Mian mengatakan, ini merupakan kado istimewa bagi Pemkab BU dimana berketepatan dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pemkab BU kembali meraih predikat WTP, untuk kedua kalinya secara berturut-turut ditahun 2017 dan 2018. Apa yang telah didapatkan ini, merupakan hasil kerja keras, seluruh jajaran Pemkab BU untuk terus melaksanakan tata kelola keuangan pemerintahan, yang mengacu kepada regulasi yang ada. Serta juga upaya-upaya optimal, untuk mensinkronisasikan antar pembangunan, pelaporan baik yang menggunakan dana APBN, dana APBD dan tugas pembantuan telah berjalan baik, atas kerjasama satuan kerja bersama lembaga yang terhormat DPRD BU, sehingga dua tahun beturut-turut memperoleh opini WTP.

“Saya mengucapkan terimakasih, kepada BPK atas penghargaan dan reward yang diberikan. Dimana, hasil kerja ini adalah atas kerjasama satuan kerja bersama lembaga, yang terhormat DPRD BU, yang sudah menyajikan pelaporan anggaran tepat waktu, tepat mutu, sesuai dengan regulasinya. Sehingga, dua tahun beturut-turut memperoleh opini WTP,” kata Bupati Mian.

Selain itu juga, Mian pun mengungkapkan bahwa dimomen ini, bukan hanya penghargaan. Pemkab juga, mendapatkan kembali kado istimewa. Dimana Pemkab BU, juga pertama kali mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 21 Miliar dengan diterimanya reward DID, hal ini merupakan buah dari hasil kinerja yang baik jajaran Pemkab BU

“Kita berharap bukan hanya 2018, namun di tahun-tahun selanjutnya kita bisa meningkatkan kinerja pelaporan keuangan. Kita mempunyai obsesi untuk terus menerima opini WTP, agar anggaran APBD kita dapat bertambah setiap tahunnya,” ungkapnya.

Euforia-Bupati-Wabup dan-Sekda-Bengkulu-Utara

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Bengkulu, Ismed Saputra SE MM menyampaikan. Bahwa, apa yang telah diraih oleh Pemkab BU ini, merupakan riahan atas kerjasama oleh seluruh OPD, bukan hanya BPKAD saja tetapi seluruh OPD yang merupakan penguasa pengguna anggaran, yang sudah melakukan dan menyajikan laporan keuangan sudah sesuai persyaratan dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan

“Pemkab BU sudah melakukan dan menyajikan laporan keuangan, sudah sesuai persyaratan dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Ini merupakan hasil kerjasama seluruh OPD yang ada, bukan hanya dari BPKAD saja. Namun ini, tugas dan kerjasama antar semua OPD. Karena semua OPD memiliki wewenang dalam penguasaan anggaran,” terangnya.

Lebih lanjut Ismed pun mengungkapkan, bahwa dengan atas apa yang diraih oleh Pemkab BU ini bukan berarti didalam laporan keuangan ini semuanya bersih. Akan tetapi apa yang disajikan Pemkab BU ini sudah sesuai standar dengan akuntasi pemerintahan dan kewajaran yang ada.

“Hal ini perlu kita pahami semua. Artinya ini semua sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan didalam laporan keuangan tersbut,” tutupnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment