Pemilihan Grand Final Duta Genre Bengkulu Utara Oleh DPPKB Berlangsung Sukses

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Program kerja dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yakni mengajak para remaja untuk berencana atau program Generasi Berencana (Genre). Selasa (28/9) DPPKB BU menggelar seleksi duta Genre yang telah dilaksanakan dari beberapa waktu lalu, dengan menjaring para remaja putra dan putri dari semua kecamatan di Kabupaten BU. Alhasil, Juara 1 Putri Genre Dimenangkan oleh Rosdiah May Reka, dan Juara 1 Putra Genre didapati oleh F. Farhan Kurniawan.

“Alhamdulillah, hari ini Selasa merupakan hari penentuan pemilihan Duta Genre Kabupaten BU, dimana sebanyak 19 peserta berhasil masuk dalam babak grand final dan berpeluang besar menjadi perwakilan Duta Genre ditahun 2021 ini. Ini merupakan rangkaian panjang dari proses penyeleksian yang telah dilakukan, dengan harapan kedepan semakin banyak remaja yang bersedia terlibat dalam program serupa,” ujar Kepala DPPKB BU, drg Adi Fitridin, M.Kes.

Adi juga menambahkan, semua pemenang atau perwakilan Duta Genre yang telah terpilih bisa mengemban tugas dan membantu remaja lainnya untuk tetap berencana, terutama dalam merencanan masa depan. Selain itu, dirinya berharap kepada semua pihak baik orang tua, guru maupun pemerintahan untuk memberikan dukuangan dan ruang bagi para remaja untuk tetap berkreasi demi membantu pembangunan daerah.

“Berikan dukungan terus kepada mereka dan sekali lagi selamat kepada para pemenang Duta Genre, tetaplah menjadi remaja yang berprestasi dan berdedikasi untuk bangsa,” demikian Adi.

Dokumentasi-Grand-Final-Pemilihan-Duta-Genre-Bengkulu-Utara

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Duta Genre Tahun 2021 Cindy Dwi Amalia yang merupakan Duta Genre BU Tahun 2020, menambahkan. Pemilihan duta genre ini, merupakan agenda tahunan dari DPPKB Bengkulu Utara. Hal ini dikatakannya, merupakan respon pemerintah terhadap berbagai macam permasalahan remaja yang timbul saat ini. Duta Genre ini sendiri, merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, melalui pendewasaan usia perkawinan, sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana. Program genre ini juga, mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan remaja dengan cara mensosialisikan kepada remaja untuk dapat terhindar dari yang namanya pernikahan dini, seks pranikah dan napza.

“Program genre ini kami nilai sangat bagus bagi remaja saat ini, karena program ini dikembangkan materi materi seperti kesehatan reproduksi remaja, lifeskill, penyiapan kehidupan berkeluarga serta kependudukan dan keluarga berencana. Perlu diketahui, kegiatan Pemilihan Duta Genre Bengkulu Utara ini, melibatkan putra dan putri remaja yang ada di berbagai Kecamatan yang ada di Bengkulu Utara. Yang mana, pesertanya diikuti oleh 10 pasangan atau 20 orang,” beber Cindy.

Lebih jauh Cindy mengemukakan, sejauh ini proses seleksi ini sendiri dilakukan snagat ketat, yang telah dilaksanakan secara daring mulai dari tanggal 10-14 Juli 2021 lalu. Seleksi ini juga, dibagi dengan beberapa tahapan diantaranya, tahapan kepribadian, wawancara kebangsaan, pos bangga kencana, dan project inovatif.

“Tema Pemilihan Duta Genre Tahun 2021 ini, adalah Spread The Magic, yang artinya tebarkan keajaiban. Alhamdulillah kegiatan yang difasilitasi langsung oleh DPPKB BU dapat berjalan lancar, dan harapannya untuk kegiatan tahun depan, dapat terlaksana jauh lebih baik daripada sekarang,” pungkas Cindy

Berikut Daftar Hasil Pemilihan Duta Genre Bengkulu Utara.
– Juara 1 Putra F. Farhan Kurniawan (PIK-R BENGKEL REMAJA SMAN 01 BU)
Juara 1 Putri Rosdiah May Reka (Pik R Gading Cempaka)

– Juara 2 Putra Riskon Aji ( Pik R Gading Cempaka/UINFAS Bengkulu)
Juara 2 Putri Nabila Zahra Putri (PIK-R BENGKEL REMAJA SMAN 01 BU)

– Juara 3 Putra Aldi Purwansyah (Pik-R putri hijau/Universitas Bengkulu)
Juara 3 Putri Mega Nur Rizqi Rahmawati (PIK R padang jaya/Universitas Bengkulu)

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment