Parlementaria DPRD Bengkulu Utara

Paripurna Kata Akhir Fraksi Raperda Perubahan APBD 2019

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Rabu (14/8), DPRD Bengkulu Utara menggelar Paripurna Istimewa dengan agenda Kata Akhir Fraksi untuk Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019. Paripurna, yang langsung dihadiri oleh Bupati Bengkulu Utara Ir. Mi’an ini, merupakan paripurna raperda terakhir bagi anggota dewan periode tersebut.

Namun lebih jauh menariknya lagi, pada pembukaan paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bengkulu Utara. Paripurna ini, didalam absen tercatat dihadiri oleh 25 anggota DPRD Bengkulu Utara. Menanggapi hal ini, Ketua DPRD BU Aliantor Harahap yang ditemui usai pelaksanaan kegiatan, belum menjawab, dimana hanya menjelaskan perihal disetujuinya raperda ini oleh 7 fraksi untuk menjadi Perda. Adapun 7 fraksi DPRD BU yaitu, fraksi Golkar, Merah Putih, PKPI, Gerindra, Perjuangan Kebangkitan Nurani, PAN dan Nasdem.

“Persetujuan ini, telah melakukan beberapa tahapan. Dimulai pada paripurna penyampaian oleh Bupati pada (5/8) lalu, kemudian paripurna pandangan umum fraksi pada (6/8). Paripurna jawaban eksekutif pada (7/8). Rapat hearing pembidangan oleh komisi DPRD, bersama dengan SKPD Bengkulu Utara. Yang berlangsung selama 2 hari, yaitu pada (12/8) hingga (13/8).
Dari persetujuan ini, artinya dari hasil hearing antara komisi pembidangan dengan SKPD sudah menemui kesepakatan, dan disampaikan dalam paripurna ini,” kata Aliantor

Sementara itu Bupati BU Ir H Mian menyampaikan, bahwa pihaknya memberikan apresiasi atas kerjasama yang baik antara pihak legislatif dan eksekutif. Karena Perubahan APBD ini, adalah bentuk menampung asumsi-asumsi, baik silva anggaran, pergeseran anggaran. Kemudian program-program yang membutuhkan streshing dan sebagainya.

“Ini semua sudah kita komunikasikan lewat evaluasi silva sekaligus KUA-PPAS dan sebagainya. Dan komunikasi ini terus berjalan. Dan muara akhirnya telah disahkan menjadi Perda perubahan APBD oleh pihak legislatif. Artinya ini sudah membuahkan kerjasama untuk kepentingan dalam tata kelola pengelolaan keuangan daerah tahun 2019,” tandasnya.

Rapat dipimpin langsung oleh ketua DPRD Aliantor Harahap SE, didampingi wakil ketua I Bambang Irawan dan wakil ketua II Agus Riyadi. Serta dari pihak eksekutif dihadiri langsung oleh Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian. Dalam paripurna, dihadiri juga oleh unsur pimpinan SKPD dan FKPD BU, Organisasi Masyarakat, PKK, dan Insan Pers.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment