Minim Anggaran, Satgas Saber Pungli Akan Terus Eksis

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Dibawah kepemimpinan Ketua Satgas Saber Pungli Bengkulu Utara Kompol PM AMin, S.Ag, meskipun minim anggaran untuk inerjanya, akan tetap terus eksis dalam melakukan pencegahan aksi pungli. Hal ini disampaikan oleh Kompol PM Amin, S.Ag ditemui awak media diruangannya.

“Iya mau bagaimana lagi, meskipun minim anggaran kita akan terus eksis menjalankan pencegahan. Dalam hal ini, kita berupaya melalui Babinkamtibmas yang maju melakukan sosialisasi sebagai garda terdepan pencegahan pungli di Kabupaten bengkulu Utara,” ujarnya.

Amin pun menjelaskan, pihaknya mengakui dengan anggaran yang sangat minim ini tidak terlalu bisa optimal melakukan pencegahan apalagi penindakan. Namun, lantaran ini merupakan amanah tetap akan dijalankannya. Ia pun mengharapkan, dukungan dari seluruh stake holder di Kabupaten BU, agar bisa bersama sama membrantas aksi pungli di BU.

“Kita minta dukunganlah dari berbagai stake holder, ayo bersama sama membrantas pungli di BU ini. Kalau kita mengharapkan instansi tertentu, tentunya sangat suasah. Namun jika bersama-sama, pastinya akan lebih ringan terutama mensiarkan secara masif, agar oknum berfikir dua kali untuk melakukan pungli,” imbuhnya.

Sejauh ini, tahun 2019 penindakan ada 4 kasus, namun ia tidak terlalu ingat untuk datanya karena masih dipegang sama pokja penindakan bagian Reskrim Polres bengkulu Utara. Yang pasti, Kita masih melakukan sosialisasi, melalui Babinkamtibmas menyampaikan pencegahan pungli, dan beberapa hari yang lalu tetap saja sosialisasi dan terbaru sosialisasi melibatkan beberapa pokja dari kejaksaan, Kodim dan pihak Inspektorat BU.

“Saya tidak terlalu hafal, berapa sudah jumlah penindakan satgas saber pungli Bengkulu Utara. Mengingat yang mengetahui data itu, terdata di Reskrim Polres BU selaku Pokja penindakan. Yang pasti, pentingnya sosialisasi untuk mengurangi unsur sifat menjebak, yang tidak ada dasar hukum jelas akan ditindak, kalau ada dasar hukumnya ngapain kita tindak. Insyaallah, pada akhir tahun nanti, jika ada anggarannya akan menggelar jumpa pers,” tandasnya.

Dana Satgas Saber Pungli Tahun 2020 Hanya Rp. 200 Juta

Untuk diketahui, anggaran Satgas Saber Pungli Bengkulu Utara untuk tahun 2020, semakin mengecil. Dan infonya, hanya dianggarkan berkisar Rp. 200 Juta. Jika dilihat dari sudut pandang kecukupan untuk melakukan pencegahan dan penindakan, dengan dana sekecil itu, tentunya hanya akan dihabiskan untuk membayar honor pokja yang sudah terdaftar sebagai pengurus Satgas Saber Pungli Bengkulu Utara.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment