Hari Ketiga Pendaftaran Bacaleg, KPUD Masih Sunyi

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Memasuki musim politik tahun 2019 mendatang, dimana Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif akan dilangsungkan. Hingga saat ini, sudah memasuki hari ketiga pembukaan pencaftaran Bacaleg (Bakal Calon Legislatif), KPUD Kabupaten Bengkulu Utara masih sunyi pendaftar. Padahal pembukaan ini sudah dimulai sejak Tanggl 4 Juli 2018 kemarin, namun informasi terakhir dari pihak KPUD BU serta Panwaslu, belum ada satupun Partai Politik (Parpol) mendaftarkan bacaleg. Hal ini dibenarkan oleh Ketua KPUD BU Roges Mawansyah Jum’at (6/7).

” Hingga saat ini, belum ada satupun parpol mendaftarkan Bacalegnya di KPUD BU,” ujar Roges.

Sikap parpol yang masih bersantai dalam mendaftarkan bacalegnya, sangat disayangkan. Bagaimana tidak, penjaringan ini sudah diumumkan oleh pihak KPUD BU meskipun waktu pengumuman tersebut hanya rentan waktu selama tiga hari. Seharusnya hal ini tidak terjadi seperti ini, namun demikian KPUD BU akan menunggu pendaftaran bacaleg ini hingga deadline terakhir pada tanggal 14 Juli 2018 nanti, yang akan ditutup pada pukul 00.00 WIB.

” Kita akan menunggu pendaftaran hingga waktu terakhir, yakni pada hari terakhir yang akan ditutup pada pukul 00.00 WIB. Jika pendaftaran sudah ditutup, kita tidak akan lagi menerima pendaftaran bacaleg lagi,” bebernya.

Baca : https://rubriknews.com/minat-jadi-dprd-kpud-bu-umumkan-pendaftaran-bacaleg-telah-dibuka/

Disisi lain, dalam penjaringan pendaftaran Bacaleg ini pihak Panwaslu Bengkulu Utara akan melakukan pengawasan secara aktif, dimana Panwaslu langsung membentuk tim sendiri yang berjumlah tiga orang selama pendaftaran bacaleg. Hal ini dilakukan, agar dapat meminimalisir pelanggaran serta menyeleksi bacaleg yang benar-benar tidak menyalahi aturan PKPU Nomor 20 Tahun 2018.

” Kita sudah membentuk tim tersendiri untuk pendaftaran bacaleg ini, diharapkan ini dilakukan agar dapat mencegah adanya bacaleg yang menyalahi aturan yang sudah ditentukan oleh pihak KPU,” singkat Tugiran selaku Komisioner Panwaslu BU bidang Penindakan dan Pelanggaran.

Laporan : Effendi

Related posts

Leave a Comment