Tempo Singkat, Polsek Seluma Ciduk Pelaku Penggelapan Sepeda Motor

RubriKNews.com, SELUMA – Timsus Mapolres Seluma patut diacungi jempol atas kinirjanya, dalam menekan angka kriminalitas di Kabupaten Seluma. Bagaimana tidak, tidak tanggung-tanggung dalam tempo singkat, Mapolres Seluma tidak hanya berhasil mengamankan terduga pelaku penggelapan sepada motor, tapi juga berhasil membongkar penadah dari sepeda motor, yang digelapkan tersebut. Dimana, pelaku penggelapan berinisial AZ (40) yang diketahui merupakan warga Desa Serambi Gunung, Kecamatan Talo. Sementara, pelaku penadah MP (36) warga Kelurahan Surabaya, Kecamatan Sungai Kerut Kota Bengkulu.

Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana, S.Ik melalui Kapolsek Seluma, AKP Agus Norman, SH, MH, menyebutkan baik pelaku penggelapan maupun penadah, diciduk lantaran adanya laporan masyarakat yang merasa dirugikan atas ulah keduanya. Dimana, keduanya melakukan persekongkolan melakukan penggelapan sepeda motor hingga melakukan penadah.

“Baik pelaku penggelapan, maupun penadah kita ciduk karena adanya masyarakat yang merasa dirugikan atas ulah keduanya, dimana menggelapkan tiga unit sepeda motor,” ujar Agus.

Agus juga menjelaskan, Az ditangkap lantaran adanya laporan masyarakat bernama Merbana Nizarul Maksum (27) warga Desa Rawa Sari, Kecamatan Seluma Selatan. Dimana, pelapor ini telah merasa dirugikan oleh ulah dari Az yang mengaku akan meneruskan kredit sepeda motor miliknya, dengan menggantinya dengan pengembalian uang muka. Namun, dipertengahan jalan angsuran kredit tidak jalankan oleh pelaku, justru motor dijual kembali sehingga korban merasa telah ditipu dan menjadi bulan-bulanan pihak leasing.

“Modus yang dilakukan oleh pelaku ini, cukup rapi dan terkesan tidak merugikan korban. Namun, jika itu dijalankan dengan baik. Karena pelaku justru menggelapkan sepeda motor tersebut, hal inilah yang menjerat pelaku ini,” Jelas Agus.

Sementara itu, untuk pelaku penadah Mp, diciduk pada Senin malam (10/2) ketika permasalahan ini mencuat. Dimana, Mp tertangkap ketika akan mengembalikan sepeda motor yang telah masuk dalam delik laporan pihaknya, sehingga Mp pun yang diketahui sebagai penadah terpaksa diamankan. Barang bukti, yang berhasil diamankan untuk kasus ini, sejumlah tiga unit sepeda motor yang diamankan pada Minggu (9/2) malam, sekitar pukul 23.00 WIB. Ketiganya diambil dari tangan Az.

“Saat ini, MP telah kita amankan ke Polsek Seluma dan masih menjalani pemeriksaan,” terang Agus.

Untuk kedua pelaku akan dijerat dengan masing masing pasal, Mp akan dijerat dengan dijerat pada Pasal 480 KUHPidana, tentang tindak pidana kasus penggelapan. Sementara Az, akan dijerat dengan Pasal 378 KUHP atau 372 KUHP tentang tindak pidana dan penipuan dengan ancaman pidana hukuman 4 tahun penjara. Adapun BB sepeda motor yang berhasil diamankan jenis Yamaha Vixion warna hitam dengan nopol F 3418 PL, selanjutnya Yamaha Vega warna hitam dengan nopol BD 2559 PM, terakhir sepeda motor jenis Yamaha Vixion warna merah dengan nopol BD 6765 CU.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment