Satpol PP Bengkulu Utara Tindak Tegas, Tomimas Indomaret Yang Masih Beroperasi

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Akhirnya, ending dari ketegasan dari pihak Pemkab Bengkulu Utara terhadap Toko Milik Masyarakat (Tomimas) Indomaret di wilayah Kerkap Kecamatan Air napal Bengkulu Utara, dan wilayah Ketahun Bengkulu Utara, yang belum mengantongi izin tapi sudah beroperasi, ditutup secara paksa oleh pihak Satpol PP Bengkulu Utara dan tim yang terdiri dari pihak Dinas Penanaman Modal (DPM) dan Dinas Perdagangan Bengkulu Utara. Hal ini pun diakui, oleh Rohis Makmun selaku Kepala Satpol PP bengkulu Utara kepada awak media.

“Kami sudah memastikan, dua Tomimas tersebut tutup dan tidak beroperasi sebelum melengkapi dan mengantongi izin resmi beroperasinya toko swalayan modern,” ujarnya.

Dalam hal ini, hingga perizinan kelar. Pihaknya akan menempatkan satu personil di dua lokasi tersebut, untuk memastikan agar benar-benar menjalankan perintah Bupati Bengkulu Utara Ir. Mi’an, tidak beroperasi sebelum adanya perizinan, dan kesepahaman atas Pemkab BU dan pihak Indomaret.

“Personil akan kami tempatkan di dua lokasi tersebut, agar dapat memastikan kedua toko modern ini jangan dulu beroperasi, sebelum memiliki kesepahaman,” bebernya.

Disisi lain, Kepala DPM Bengkulu Utara juga menambahkan. Bahwa, penutupan dua Tomimas Indomaret ini bersifat sementara, hingga keduanya mengantongi izin. Dan sejauh ini, berdasarkan hasil monitor pihak Indomaret memaklumi hal tersebut. Mengingat, ini menyangkut marwah Pemkab Bengkulu Utara.

“Tomimas Kerkap dan ketahun sudah tutup, sampai mereka mengantongi izin dan menandatangani kesepahaman dengan Pemkab Bengkulu Utara,” jelasnya.

Pastikan Ada Kesepahaman

Margono juga mengingatkan, kedua toko Indomaret ini juga nantinya tidak hanya memenuhi perizinan. tapi juga, wajib memenuhi komitmen antara Pemkab BU dengan pihak Indomaret. Yakni, setiap toko ini wajib mematuhi persyaratan yang ditetapkan, agar menyiapkan 20 persen dari space etalase yang ada nantinya, untuk diisi dengan produk lokal Bengkulu Utara.

“Komitmen ini nantinya, akan di bubuhi diatas perjanjian kesepahaman kerjasama antara kedua belah pihak. Jadi, setiap Tomimas, wajib memenuhinya,” terang Margono.

Menindaklanjuti, komitmen yang akan dibuat atas kedua toko Indomaret ini. Pihak Dinas Perdagangan Bengkulu Utara, telah menyiapkan dan memberikan data IKM yang ada di Bengkulu Utara. Harapannya, setiap produk IKM yang ada di bengkulu Utara nantinya, dapat berpartisipasi mengisi produknya di toko modern tersebut. Mengingat, hal ini sudah adanya komitmen yang diberikan oleh Pemkab BU untuk masyarakat Bengkulu Utara, dalam hal pemasaran produknya.

“Kita akan berupaya melakukan pembinaan secara maksimal atas IKM, agar dapat memenuhi standart mengisi produk di toko Tomimas Indomaret. Sejauh ini, himbauan sudha kami sampaikan kepada seluruh IKM di Bengkulu Utara, agar ikut berpartisipasi mengisi produk mereka di toko tersebut. Besar harapan kita, dengan adanya Tomimas ini nantinya, dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat BU terkhusus IKM, yang kesulitan memasarkan produknya di Bengkulu Utara ini,” singkat Kepala Dinas Perdagangan Bengkulu Utara Zulkarnaen, SH, MH.

Baca juga :

Giliran TOMIMAS Indomaret Ketahun, Disinyalir Ilegal

Indomaret Tomimas Kerkap Cueki Perintah Bupati, Tetap Buka Tanpa Kantongi Izin

Bupati Himbau Indomaret Tomimas Kerkap Tutup, Sebelum Izin Selesai

Keluarkan Rekomendasi, Camat Air Napal Tidak Tahu Indomaret Tomimas Beroperasi Tanpa Izin

Toko Indomaret Tomimas Kerkap Bengkulu Utara, Terindikasi Ilegal

Tidak Sesuai Kesepakatan, Bupati Perintahkan Disprindag Awasi Indomaret Tomimas Setiap Bulan

Produk Lokal Di Toko Indomaret TOMIMAS Arga Makmur, Tidak Memenuhi Target Perjanjian

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment