Satgas Saber Pungli Mulai Bergerak Usut Pungutan Retribusi

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Terkait indikasi pungli, pada pungutan retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Inspektorat Kabupaten Bengkulu Utara, mulai melakukan penyelidikan awal. Dimana, dalam hal ini pemanggilan pihak terkait, akan mulai diberlakukan. Hal ini dibenarkan, oleh Inspektur Inspektorat BU Dullah, SE kepada awak media.

“Kita belum bisa mengatakan ini Pungli, mengingat pungutan yang dilakukan oleh pihak terkait, memiliki dasar hukum,” ujarnya.

Kendati dasar hukumnya disinyalir bermasalah, alias tidak memiliki kejelasan, sambung Dullah. Pihaknya, tetap tidak bisa gegabah dalam mengambil kesimpulan. Namun demikian, pihaknya tetap akan melakukan pengusutan, dengan meminta klarifikasi pihak terkait. Pada kesempatan tersebut, pihaknya akan meneliti dasar hukum atas pungutan retribusi tersebut, jika memang bermasalah. Diharapkan dapat segera di perbaiki, mengenai jumlah dana yang sudah ditarik dari masyarakat, itu merupakan wewenang Ketua Satgas Saber Pungli, untuk menjawabnya.

“Kita akan teliti dulu, dasar hukum pungutan retribusi ini. Jika memang bermasalah, akan kita tela’ah bersama dan kedepan untuk segera diperbaiki. Mengenai, pungutan yang sudah dipungut, silahkan tanya ke Ketua Satgas. Karena itu wewenangnya, untuk memutuskan apakah itu masuk dalam kategori pungli atau tidak. Meskipun, nantinya hal tersebut akan diputuskan dalam rapat,” tandasnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment