Rawan Disalahgunakan, Pemkab Bengkulu Utara Pasang Merek Kendis

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Intruksi BPK RI untuk segera menertibkan aset Pemkab Bengkulu Utara, disikapi pihak Setdakab BU. Dimana, Bagian Umum Setdakab BU mulai mendata dan memasang merek seluruh Kendaraan Dinas (Kendis) Pemkab BU. Untuk tahab awal, diakui oleh Kabag Umum Setdakab BU Kardo Manurung, pemasangan baru diterapkan pada Kendis dibawah naungan Setdakab BU.

“Kami sedang melakukan penertiban aset dan pengamanan aset, sehingga aset tidak disalahgunakan. Hal ini, didasarkan pada Permendagri No 19 Tahun 2016, dan kegiatan peningkatan manajemen aset,” ujar Kardo.

Kardo pun mengingatkan, kepada sleuruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tidak mengganti Nopol Plat kendaraan dinas ke plat Nopol pribadi. Baik roda 4 maupun roda 2 dalam situasi dan kondisi apapun.

“Apabila ketahuan menggonta ganti plat nopol, resiko ditanggung masing-masing individu atas ulah nakal para pejabat seperti itu. Apalagi, hanya untuk dimanfaatkan dapat mengisi BBM subsidi,” imbuhnya.

Disinggung, perihal salah satu mobil operasional jenis minibus Toyota Fortuner berwarna putih dengan nopol dinas BD 1310 DZ di Setdakab Bengkulu Utara. Yang tertangkap merubah plat kendaraan, yang semestinya plat nopol berwarna merah tanda identitas mobil dinas operasional pemerintah tersebut. Namun, diganti dengan plat hitam, yang sejatinya adalah untuk mobil kepemilikan secara pribadi. Dimana mobil tersebut, adalah mobil dinas yang digunakan oleh Ketua PKK Kabupaten Bengkulu Utara. Kardo pun menjawab, itu hanya saat untuk mengisi BBM subsidi.

“Saya sudah konfirmasi, dan saya sudah sampaikan kalau plat mobil itu tidak boleh di gonti-ganti. Memang benar waktu itu, diganti dengan plat hitam, katanya pas mau isi BBM,” demikian Kardo.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment