Parlementaria DPRD Bengkulu Utara

Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD 2020

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkulu Utara (BU) mengelar rapat paripurna dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2020 dan Penyampaian Nota Pengantar Bupati BU terhadap rancangan peraturan daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2020 diruangan rapat DPRD BU, kemarin (6/11). Rapat Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD BU Sonti Bakara SH, didampingi Wakil Ketua I Juhaili, Wakil Ketua II Herliyanto, Bupati BU Ir H Mian, dan diikuti anggota DPRD BU, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), dan perwakilan OPD di lingkungan Pemkab BU.

Unsur pimpinan sidang

Dalam sambutannya Ketua DPRD BU Sonti Bakara SH mengatakan bahwa kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara merupakan asumsi dasar yang masih mengacu pada anggaran tahun 2019, tentunya akan disesuaikan dengan kondisi perkembangan daerah, laju inflasi dengan proyeksi dan pendapatan biaya daerah serta pemberlakuan regulasi yang baru sebagai dasar ketentuan aturan kesepakatan KUAP PPAS tahun 2020.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tetang pedoman tata tertib DPRD kabupaten/kota dan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah bahwa kebijakan umum APBD dan Prioritas palfon anggaran pemerintah yang telah mendapatkan persetujuan bersama yang ditanda tangani oleh kepala daerah dan pimpinan DPRD dalam rapat paripurna.

“Dengan sudah adanya kesepakatan ini, kita mengaharapkan agar pihak Pemkab BU untuk melakukan anggaran sesuai dengan prioritas-prioritas yang telah ditentukan. Apalagi ditahun 2020 dalam Pilkada anggrannya melalui APBD yang berjumlah 39 Miliar untuk KPU dan Bawaslu sudah dihibahkan kesana. Jadi dengan psikal kita yang terbatas ini diharapkan untuk benar-benar mempetakan skala priorotas yang benar-benar sangat urgent,” katanya.

Sementara itu Bupati BU Ir H Mian, saat ditemui awak media usai rapat paripurna tersebutmenyampaikan bahwa dengan telah dilakukannya rapat paripurna tentang Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2020 dan Penyampaian Nota Pengantar Bupati BU terhadap rancangan peraturan daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2020 ini sudah dibahas sebelumnya ditingkat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama tim Banggar Eksekutif dan tim Banggar Legislatif dalam penyusuan APBD tahun 2020.

“Ya sebelum rapat paripurna ini sudah dilakukan pembahasan sebelumnya oleh timTAPD bersama tim banggar baik itu dari pihak Eksekutif dan Legislatif dalam penyusunan APBD yang terdiri dari dana DAU, DAK, dana bagi hasil dan sebagainya posisinya masih tetap mengedepankan azaz manfaat, azaz efesiensi kemudian azaz keperuntukan dan berdasarkan visi dan misi yang sudah di sepakati bersama,” terangnya.

Lebih lanjut Bupati Mian juga menuturkan, bahwa kekuatan piskal sangat terbatas dan apalagi ditahun 2020 nanti pihak Pemda juga dibebani oleh dana Pilkada yang harus disiapkan oleh APBD, serta Siltap penghasilan kepala desa yang juga mengalami kenaikan sesuai dengan golongan 2 a. Ini praktis mempengaruhi pembangunan infrastruktur. Untuk itu dirinya mengimbau kepada seluruh SKPD untuk benar-benar mempetakan skala priorotas yang benar-benar sangat urgent.

“Meskipun dana APBD kita terbatas, Allhamdulilah kita masih mendapatkan bantuan program-progaram pembangunan infrastruktur dari Kementerian PUPR langsung seperti air bersih, jalan produksi, sarana sekolah dan fasilitas olahraga. Sehingga pososinya yang tidak terakomodir oleh APBD 2020 bisa ditutupi bantuan Kementerian PUPR, ini perlu kita syukuri,” ujarnya

Lebih lanjut Bupati Mian menuturkan, yang jelas sudah pihaknya sudah lakukan secara efektif dan efesien dan berharap kepada pihak Komisi pembidangan dapat mempelajari dengan seksama dan berharap kepada pihak DPRD BU untuk segera dikarenakan deadline diakhir bulan November untuk APBD 2020.

“Semoga schedule yang telah ditetapkan ini daoat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment