Pekan Raya, Peringati HUT Kota Arga Makmur Resmi Dibuka

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Pekan Raya Kabupaten Bengkulu Utara (BU) 2019 resmi dibuka Bupati BU Ir H Mian, di Alun-Alun Rajo Malin Paduko, Arga Makmur, Kabupaten BU, kemarin (7/10). Pekan Raya Kabupaten BU kali ini digelar selama 7 hari. Mulai 7 Oktober- 14 Oktober 2019.

Bupati BU Ir H Mian mengatakan, Pekan Raya Kabupaten BU merupakan kegiatan rutin tahunan. Karena termasuk dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Arga Makmur ke 43. Di Pekan Raya Kabupaten BU kali ini temanya ialah “Melalui Hari Jadi Kota Arga Makmur ke 43 Mari Kita Lanjutkan Persatuan Untuk Pembangunan Bengkulu Utara Yang Maju Sejahtera”. Serta bertujuan sebagai media untuk menggali potensi yang dimiliki Kabupaten BU dan melestarikan kebudayaan yang ada, termasuk menyajikan informasi dan inovasi hasil pembangunan di Kabupaten BU.

“Pekan Raya ini bukan hanya untuk merayakan hari jadi Kota Arga Makmur. Namun juga menjadi wadah untuk mempromosikan dan mengembangkan potensi daerah yang ada. Sekaligus juga sebagai momentum untuk memberikan nilai-nilai kearifan lokal serta menyampaikan capian atas kinerja yang telah dicapai untuk semua elemen masyarakat BU,” kata Bupati Mian.

Mian juga menambahkan, Pekan Raya Kabupaten BU tidak hanya sebagai ajang penyajian informasi dan pameran saja. Tapi juga berisi kegiatan pelayanan langsung kepada masyarakat. Karena kegiatan ini bukan hanya seremonial saja tetapi harus menampilkan capaian capaian yang diperoleh.

“Tanpa capaian kita jalan ditempat, jadi ini sebagai mementum kita untuk menginstropeksi diri sebelum dan sesudah,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Kepala Dinas Perdagangan Zulkarnain SH MH selaku Koordinator Penyelenggara Pekan Raya, menyampaikan, bahwa pihaknya selaku leading sektor pelaksanaan telah menyediakan tenda atau stand 108 tenda SKPD. Yang diisi dari berbagai unsur, seperti dari Dinas Instansi, sekolah, swasta, perbankan, BUMD. Serta menyediakan 70 buah tenda mandiri.

“Untuk stand SKPD disediakan secara gratis oleh Pemerintah Daerah. Di stand untuk BUMD inilah masyarakat bisa menggunakan untuk melakukan promosi produk unggulan daerah masing-masing,” sampainya.

Selain itu juga Zulkarnain juga menuturkan, bahwa selain pameran Pekan Raya ini juga diisi dengan festival seni budaya dan hiburan rakyat. Diantaranya Lomba Rabana, Lomba Dangdut, Lomba Tari Kreasi serta di malam puncak nanti akan menampilkan Artis Ibu Kota Once.

“Dari seluruh rangkaian yang ada semua itu adalah untuk menggali potensi dan melestarikan budaya yang dimilik Kabupaten BU. Jadi kita harapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik hingga malam puncak nanti,” pungkasnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment