Pasca Penguburan Jenazah Terkonfirmasi Positif Covid 19, 38 Warga Desa Tebing Kaning Di Tracking

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Terkait kejadian penahanan ambulance RSUD M Yunus Bengkulu yang dilakukan oleh masyarakat desa Tebing Kaning Kecamatan Arma Jaya Bengkulu Utara, lantaran pelayanan Rumah Sakit yang dinilai merugikan masyarakat, melepaskan tanggungjawab jenazah terkonfirmasi positif covid 19 tanpa disertai dengan petugas pemakaman yang sudah dilengkapi APD. Yang hasilnya, masyarakat turun tangan dengan melakukan kontak langsung dengan jenazah tersebut melakukan pemakaman secara umum. Pihak Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Bengkulu Utara Jum’at (16/10) melakukan tracking terhadap 38 orang warga dan termasuk anggota keluarga yang kontak langsung dengan jenazah berinisial TA tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara Ujang Ismail

“Hal ini dilakukan demi memastikan tidak ada penyebaran Covid 19 pasca kejadian tersebut. Dari hasil tracking yang dilakukan, terdapat 38 orang yang kontak erat dengan jenazah, terdiri dari keluarga pasien dan warga setempat serta sejumlah pihak RS Hana Charitas,” ujar Ujang.

Ujang pun memaparkan, jenazah yang terkonfirmasi covid 19 ini merupakan kasus nomor 22, yang telah dinyatakan meninggal dunia. Tracking ini sendiri dilakukan, mengingat pemulangan jenazah Covid 19 yang sempat heboh lantaran pemakamannya dilakukan secara umum oleh warga setempat. Yang tidak dibantahnya lantaran kurangnya koordinasi pihak RSUD M Yunus Bengkulu kepada pihak Satgas penanganan Covid 19 di Bengkulu Utara. Jelas hal ini menjadi prioritas utama pihaknya, untuk meminimalisir adanya penularan terhadap masyarakat lainnya.

“Kami mengimbau kepada 38 orang, yang telah dilakukan pengambilan tes swab untuk melakukan isolasi mandiri dahulu, sebelum hasil tes Swab keluar hingga 5-7 hari kedepan. Ini dilakukan, agar dapat mencegah jika adanya penularan dan juga berdampak untuk kebaikan masyarakat itu sendiri,” tandasnya.

Baca juga :
Jengkel Dengan Pelayanan, Warga Desa Tebing Kaning Tahan Ambulan Jenazah RSUD M Yunus

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment