Menarik, Bengkulu Utara Tidak Miliki DPKAD Tapi BPKAD

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Sejak diberlakukannya perubahan nomenklatur pada tahun 2017 silam, Nomenklatur Pemerintahan Bengkulu Utara, hingga saat ini masih menganut pada Perda Nomor 14 Tahun 2016. Yang mana, nomenklatur ini jelas mengatur status dan tingkatan dari setiap Organisasi perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara. Dalam hal ini, OPD yang mengatur soal Keuangan dan aset itu disebutkan bernama Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang mana, statusnya berubah sejak diberlakukannya nomenklatur ini dari Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD).

Hal ini pun tertera pada Perda Kabupaten Bengkulu Utara Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten BU. Dimana, status susunan BPKAD Bengkulu utara tertera pada pada pasal 3 huruf 2 nomor 2 menyebutkan bahwa BPKAD masuk dalam Tipe A melaksanakan Fungsi Penunjang Keuangan dalam Bidang Keuangan dan Aset Daerah kecuali Pendapatan Asli Daerah yang berasal dari Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jelas dalam aturan ini, Bengkulu Utara tidak memiliki OPD yang memiliki struktur susunan bernama DPKAD.

Hal ini pun dibenarkan oleh Kabag Hukum Setdakab BU Zulkarnaen, SH, MH yang menyebutkan bahwa hingga saat ini nomenklatur Bengkulu Utara masih mengacu pada Perda Nomor 14 Tahun 2016. Yang menyebutkan, bahwa nomenkaltur ini mulai berlaku sejak awal tahun 2017 dan masih berlaku hingga saat ini. Ketika disinggung, adakah Bengkulu Utara memiliki Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD), Zul pun menjawab tidak ada. Bengkulu Utara memiliki OPD yang mengurusi soal keuangan dan aset itu dalam susunannya bernama BPKAD.

“Yang ada BPKAD, kalau DPKAD itu nomenklatur lama. Sejauh ini, nomenklatur dari Perda Nomor 14 tahun 2016 masih berlaku hingga saat ini,” singkat Zul.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment