Selain Silaturrahmi Dengan Bupati, Kapolda Bakal resmikan Command Center Polres BU

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Informasinya, bakal ada kunjungan Kapolda Bengkulu yang baru, Brigjend Pol Drs Supratman. Yang diagendakan, selain bersilaturrahmi kepada Bupati Bengkulu Utara, juga akan meresmikan dan menandatangani prasasti, hadirnya gedung Command Center di Polres Bengkulu Utara. Hal ini, tidak dibantah oleh Plt Kepala Dinas Kominfo Bengkulu Utara, Dodi Hardinata kepada awak media.

“Kunjungan tersebut benar, namun saya tidak memiliki rundown acaranya. Silahkan di konfirmasi ke Asisten III Setdakab BU, selaku Ketua Panitia,” ujar Dodi.

Disinggung seperti apa, kunjungan ini. Apakah, melanjutkan agenda kunjungan Kapolda sebelumnya. Yakni, bertatap muka dengan seluruh Kades se Kabupaten BU, dan juga PPTK kegiatan di lingkungan Pemkab BU. Dodi tidak bisa menjawab hal tersebut, mengingat kunjungan kali ini berdasarkan undangan, yang beredar dari Sekda Bengkulu Utara, pada surat dengan Nomor 005/0564/B.10. Dimana dalam undangan tersebut, seluruh Kepala SKPD dan PPTK, wajib hadir untuk keperluan ramah tamah dan pengarahan dari Kapolda Bengkulu, yang bertempat di Balai Daerah, (Rumah Dinas Bupati,red).

“Tidak tahu saya, namun jika dilihat dari undangan, hanya SKPD dan PPTK. Untuk kades, saya tidak tahu,”bebernya.

Sementara itu, rundown acara Kapolda Bengkulu di Mapolres BU nanti. Yakni, meresmikan gedung Command Center. Hal ini dibenarkan, oleh Kapolres BU AKBP Ariefaldi Warganegara, S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP Jufri, S.Ik, yang mengatakan. Bahwa, peresmian gedung Command Center, akan dilakukan langsung oleh Kapolda Bengkulu, yang dijadwalkan pada hari Kamis (14/2).

“Benar, peresmian ini nanti langsung dilakukan oleh Kapolda Bengkulu,” ujar Jufri.

Apa Itu Command Center

Disisi lain, Ipda Freddy Simaremare selaku Kaur Mintu Sat Reskrim Polres BU, yang juga menjabat sebagai Padal Command Center, menjelaskan. Bahwa, Command Center merupakan sarana komando terpusat berbasis teknologi, sebagai pusat pengelolaan informasi mengenai situasi keamanan, dalam masyarakat di wilayah hukum Polres Bengkulu Utara.

“Commad Centre akan di operasikan, dan di kelola oleh personil Khusus, sekitar 24 orang anggota Polres Bengkulu Utara, yang telah mengikuti Bimtek khusus, tentang informasi berbasis teknologi,”jelasnya.

Ia pun membeberkan, bahwa fungsi Command Center untuk mempermudah atau memfasilitasi, mengetahui dan menangani. Jika, terjadi gangguan keamanan dalam masyarakat.

“Command Center Polres Bengkulu Utara, berfungsi sabagai salah satu sarana berbasis teknologi untuk memantau, untuk kita memonitor. Situasi kamtibmas, atau arus lalu lintas di Bengkulu Utara. Sehingga, dapat mempermudah untuk kita dalam mengungkapkan, jika terjadi suatu kejadian, lakalantas, tindak pidana, maupun tindak kriminalitas di wilayah hukum Polres Bengkulu Utara. Ada 11 lokasi, dan 48 titik yang terkoneksi dengan Command Center, di wilayah hukum Bengkulu Utara,” pungkasnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment