KPU BU Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Sebanyak 164 orang, yang terdiri dari masyarakat yang sudah mendaftar sebagai petugas pelipatan surat suara, mulai mensortir, melipat dan melakukan pengesetan surat suara di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) beralamatkan di Jalan Husni Thamrin Desa Karang Anyar II Kecamatan Arga Makmur, Jum’at (15/3).

Proses pelipatan ini di targetkan akan selesai selama 10 hari kedepan dan di lakukan selama 8 jam per hari dimana dalam satu hari jumlah surat suara yang sudah di lipat di harapkan mencapai seribu surat suara.

Proses pelipatan juga dijaga ketat oleh pihak kepolisian, semua petugas pelipat saat hendak masuk dan keluar akan mendapat pemeriksaan, karena para petugas ini harus steril dan dilarang tas, hp, makanan dan benda-benda lainnya saat melakukan pelipatan bahkan kuku petugas yang panjang harus di potong. Hal ini di lakukan demi mencegah terjadinya kecurangan dan kebocoran surat suara. Sekretaris KPU BU Samsul Bahri mengatakan, bahwa ada 164 orang perhari yang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Targetnya 10 hari bisa selesai,” kata Samsul dilokasi pelipatan yang bertempat diGudang Logistik KPU.

Samsul menambahkan, bahwa untuk 164 orang petugas ini dibagi menjadi 41 tim jadi, satu tim berjumlah 4 orang. Dan untuk upah sendiri petugas diberikan sebesar Rp. 80 hingga Rp. 100.

“1 Tim 4 orang, sistem upahnya perlembar Rp. 80 hingga Rp.100. Dimana dalam 1 tim tugasnya ada yang mensortir, melipat dan melakukan pegesetan, dalam pengesetan para petugas pelipat harus 25 surat suara,” terangnya.

Untuk diketahui untuk poses pelipatan suara KPU BU, melakukan pelipatan suara untuk surat suara DPRD Dapil 3 Kabupaten BU sebanyak 82 Koli yang berisi 500 surat suara jadi total keseluruhan 41.000 surat suara. Semnetara itu, terkait satu koli surat suara yang kemarin di duga mengalami kerusakan karna mengalami rusak di bagian luar koli// pihak KPU BU masih belum bisa memberikan kepastiannya, karena surat suara yg di lipat hari ini adalah surat suara DPRD kabupaten BU Dapil 3.

“Ya hari ini untuk pelipatan surat suara kita lalukan yakni untuk surat suara DPRD Kabupaten BU Dapil 3,” pungkasnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment