Ketua dan Wakil Ketua DPRD BU Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Unsur Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) telah melaksanakan pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD BU Masa jabatan 2019-2024. Unsur pimpinan DPRD BU yang dilantik adalah Ketua DPRD BU, Sonti Bakara SH dari Partai PDI-P, Wakil Ketua I, Juhaili SIP dari Partai Golongan Karya (Golkar) dan Wakil Ketua II yakni Herliyanto Hazadin SIP dari Partai Gerindra yang dilantik langsung oleh Kepala Pengadilan Negeri, Fajar Kusuma Aji SH MH. Bertempat di ruang rapat paripurna lantai II gedung DPRD BU kemarin (18/10).

Pelantikan ini pula dihadiri oleh pejabat penting yakni Dr Rojibeni MH MSi dari Dirjen Otonomi Daerah selaku Kasubid Wilayah II Kemendagri RI. Kemudian Gubernur Bengkulu diwakili oleh Kasatpol PP, Murlin Hanizar SP MM. Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian, Sekda Pemkab Bengkulu Utara Dr Haryadi M,Si. Unsur pimpinan FKPD dan SKPD Bengkulu Utara, Organisasi Masyarakat (Ormas), tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta organisasi wanita se Bengkulu Utara.

Unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) periode 2019-2024 Kabupaten Bengkulu Utara (BU) resmi dilantik dan diambil sumpah janji. Pelantikan ini dilakukan dalam agenda rapat paripurna pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024.

Penyerahan-Palu-pimpinan-dewan

Ketika ditemui usai pelantikan, Ketua Defenitif DPRD BU Sonti Bakara mengatakan, jabatan yang diberikan merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan, baik untuk di mata lembaga maupun masyarakat.

“Tugas pemerintah daerah semakin berat. Kami dari legislatif akan bekerja sebaik- baiknya. Harapan kita, seluruh kebijakan diorientasikan kepada kepentingan masyarakat,” kata Sonti

Sonti menambahkan, pasca pengucapan sumpah janji ini, maka pihaknya bersama jajaran DPRD BU siap untuk melaksanakan tugas semaksimal mungkin. Untuk tugas menyusun rencana kerja dan pembagian tugas, melakukan koordinasi. Ia pun berharap agar antar lembaga legislatif eksekutif dapat bekerja sama dengan baik. Tentunya dimana akan segera dilakukan pembahasan tentang APBD tahun 2020 bersama pihak eksekutif.

“Minggu depan kita akan segera orientasi di tanggal 21 dan 24 Oktober. Dalam minggu itu juga kita akan bentuk AKD dan juga Tatib untuk pengesahan. Kemudian akan berlanjut ke pembahasan KUA PPAS. Selama ini kita terhambat karena alat kelengkapan dewan belum ada yaitu Banggar, jadi kita akan bentuk Banggar. Agar nanti tidak ada lagi hambatan untuk segera membahas APBD 2020,” sampai Sonti.

Sementara itu, Bupati BU Ir H Mian menyampaikan, pihaknya mewakili seluruh jajaran Pemkab BU mengucapkan selamat atas dilantiknya unsur pimpinan DPRD. Dengan dilantiknya unsur pimpinan DPRD, berarti DPRD BU sudah memiliki kepemimpinan yang definitif.

“Ya dengan telah dilantik unsur pimpinan DPRD BU berarti pimpinan DPRD BU sudah defenitif. Selamat buat Ketua DPRD BU Sonti Bakara, Wakil Ketua I Juhali dan wakil ketua II Herliyanto,” ucap Mian.

Mian pun menuturkan, kepada seluruh unsur pimpinan dan anggota DPRD BU harus memiliki semangat yang tinggi untuk bekerja bersama. Dirinya berharap antara lembaga legislatif dapat segera melakukan kelengkapan dewan untuk membahas APBD 2020.

“Sejalan dengan itu, tugas kedepan sangat menumpuk dengan waktu yang amat terbatas, kita akan segera membahas APBD 2020. Sesuai dengan regulasi dan aturan, memang harus diselesaikan dengan cepat dan jangan sampai kejar tayang. Kita antar lembaga akan sama-sama efektifkan kinerja dan berkoordinasi dengan baik,” tandasnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment