Direspon Baik, Claudia Balita Dengan Kulit melepuh Dapatkan Penanganan Medis

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Alhamdulillah, Claudia Ayu Ningsih yang baru berusia 16 bulan balita Desa Taba Baru, Kecamatan Arga Makmur, Kabupaten BU, yang harus merintih kesakitan lantaran kulitnya melepuh akibat tersiram air panas, mendapatkan respon baik dari Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Rabu pagi (12/2), ia langsung dijemput oleh pihak Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, bersama dengan tim dokter dari RSUD Arga Makmur serta pihak Dinas Sosial BU, guna memberikan pertolongan medis dengan luka bakar yang dideritanya. Selain pihak SKPD terkait, Claudia juga mendapatkan berkah dikunjungi oleh Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, SE.

Penjemputan Claudia di kediamannya, berlangsung haru yang disaksikan oleh masyarakat setempat yang juga merasa simpati dengan kondisi balita tersebut. Claudia langsung di bawa ke RSUD Arga Makmur, dan mendapatkan penanganan medis yang seharusnya, yang dipimpin langsung oleh Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Jasmen Silitonga, yang didampingi pihak Dinas Kesehatan BU, selaku penjamin biaya penanganan medis Claudia ini langsung di tangani oleh pemerintah Kabupaten BU. Sementara, hadirnya pihak Dinas Sosial BU, juga berperan aktif dalam memastikan Claudia masuk dalam keluarga yang tidak mampu, dan akan di perjuangkan untuk mendapatkan bantuan pemerintah.

Sementara itu, kunjungan Wakil Bupati BU ke kediaman Claudia, juga sangat membawa haru yang luar biasa. Mengingat, bagi keluarga Claudia terutama kedua orang tuanya, menjadi sebuah hal yang tidak pernah terbayangkan dapat dikunjungi oleh orang nomor dua di Bengkulu Utara ini.

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Utara, Syamsul Maarif mengatakan. Pihaknya, begitu mendapatkan informasi terkait kondisi balita yang bernama Claudia ini, langsung bergerak cepat yang juga merupakan perintah Bupati Bengkulu Utara Ir. Mi’an untuk respon cepat atas kondisi ini. Dalam hal ini, pihaknya telah memastikan penanganan medis Claudia, langsung ditangani oleh dokter spesialis, dan seluruh biaya perawatan ditanggung oleh Pemerintah Daerah.

“BPJS-nya tidak ada karena orang tuanya gak punya KK dan buku nikah. Tapi, kita pastikan langsung ditangani dokter spesialis dan gratis tidak sama sekali dipungut biaya,” ujar pria yang akrab disapa pak Arif ini.

Sementara itu, dr Jasmen Silitonga selaku Direktur RSUD Arga Makmur dan juga dokter yang menangani langsung Claudia, memastikan kondisi Claudia akan segera membaik. Karena, semua penaanganan medis sudha kila jalankan, dan saat ini hanya tinggan masa penyembuhan saja.

“Kita sudah tangani dengan baik, kasih kondisinya ketika baru sampai. Dan kita pun gerak cepat memberikan penanganan medis, dan saat ini ia hanya menjalani masa penyembuhan,” singkat Jasmen.

Claudia
Wabup-BU-Kunjungi-balita-tersiram-air-panas

Sementara itu, dalam kunjungannya, Arie mengungkapkan kepiluannya saat melihat kondisi Claudia. Atas nama pemerintah daerah, dirinya bersama Pak Bupati telah menginstruksikan Dinas Kesehatan Kabupaten BU untuk segera menangani kejadian yang dialami oleh balita cantik tersebut.

“Ya, ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab BU terhadap masyarakat. Untuk saat ini Claudia sudah ditangani oleh pihak RSUD Arga Makmur, dan pagi tadi Claudia sudah mendapatkan perawatan secara gratis,” kata Arie.

Arie juga memastikan Claudia sudah langsung ditangani dokter spesialis kulit dan seluruh biaya perawatan akan ditanggung pemerintah daerah. Karena BPJS Kesehatan tidak ada dankl orang tuanya tidak memeliki KK dan buku nikah.

“Meski demikian, kita pastikan langsung ditangani dokter spesialis dan gratis,” ujarnya

Selain itu, Wabup juga memerintahkan Camat dan Kepala Desa, agar kedepannya dapat lebih cepat dan proaktif untuk melaporkan ke Pemkab BU jika terjadi hal-hal serupa. Serta untuk keluarga Claudia dapat segera diurus untuk mendapatkan program-program bantuan Pemerintah.

“Semuanya harus proaktif agar Pemkab bisa bergerak cepat dan sebisa mungkin dapat kita bantu, khususnya jika terjadi kepada warga yang kurang mampu. Selain itu juga untuk keluarga Claudia sudah saya perintahkan Kades dan Camat, agar nanti segera di urus untuk PKH, dan program-program bantuan lainnya,” tukasnya.

Disisi lain, mendapatkan berkah untuk kesembuhan putrinya bantuan dari Pemeirntah Kabupaten BU, ibunda Claudia mengucapkan terima kasihnya kepada Pemkab BU yang langsung merespon keluhan masyarakat.

“Terima kasih kepada pak Wabup, alhamdulillah anak kami langsung ditangani dokter spesialis kulit dan bisa dirawat jalan,” ucapnya.

Ia juga menceritakan, bahwa kejadian Claudia tersiram air panas tersebut terjadi sejak sebulan lalu. Dimana saat itu, ketika Claudia menyentuh jerigen yang sudah terisi air panas untuk dibawa ke kebun. Namun, jerigen berisi air panas tersebut terjatuh dan tumpah ke badan Claudia.

“Ya, kejadian sebulan yang lalu pak Wabup. Dengan kejadian tersebut, kami langsung membawa ke Rumah Sakit Hana Charitas selama 3 hari Claudia dirawat. Namun, karena keterbatasan dana dan tidak memiliki jaminan kesehatan, Claudia terpaksa kami bawa pulang dan dirawat di rumah saja,” pungkasnya

Disambung Kepala Desa Taba Baru Antarudin, juga mengucapkan terima kasihnya kepada Pemkab Bengkulu Utara yang langsung merespon keluhan masyarakatnya.

“Terima kasih kepada pak Bupati Mian,kadis sosial dan dinkes. alhamdulillah langsung ditangani dokter spesialis kulit dan bisa dirawat jalan,” demikian Antarudin.

Baca berita terkait :

Akibat Melepuh Tersiram Air Panas, Balita Butuh Penanganan Medis Serius

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment