Diduga Menyalahi Aturan, Kelebihan Bayar TPP Wajib Pengembalian
Andi Daniel : Dari Pada Dibongkar

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Terkait adanya dugaan kesalahan dalam pemberian Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) dilingkungan Pemkab BU, dimana 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dijabat Pelaksana Tugas (Plt) menerima tunjangan TPP eselon II. Pakar Hukum dilingkungan Pemkab BU, menghimbau agar dilakukan pengembalian, lantaran kelebihan pembayaran tersebut jelas menyalahi aturan.

” Daripada di bongkar orang, lebih baik secepatnya lakukan pengembalian. Karena penerimaan TPP yang bukan semestinya diterima Plt tersebut menyalahi aturan, dan sangat salah besar,” ujar Andi Daniel.

Sudah semestinya, verifikasi untuk Perbup dan SK terkait TPP ini harus dijalankan dengan baik. Karena ini dinilai menyalahi, Plt tidak bisa mendapatkan tunjangan layaknya jabatan eselon II defenitif, karena Plt hanya penunjukan untuk menjalankan tugas.

” Sebaiknya sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan itu harus dikembalikan karena kelebihan pembayaran, disebutkan pada SK Bupati di Diktum kedua pemberian TPP berdasarkan eselon defenitif, dari pada menyalahi,” imbuhnya.

Diketahui, ketiga pejabat Plt yang disinyalir telah menikmati TPP yang bukan haknya dimana seyogyanya TPP tersebut diperuntukkan untuk pejabat eselon II defenitif, diantaranya. Pertama Plt Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPA) Kabupaten BU, selanjutnya Plt Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten BU, dan terakhir Plt Dinas Sosial Kabupaten BU.

Berikut besaran tunjangan yang disinyalir sudah diterima ketiga pejabat Plt dilingkungan Pemkab BU :
1. Plt Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPA) Kabupaten BU Supadi, Menerima TPP Sebanyak 6 Bulan tahun 2017 dan 2018 dengan besaran TPP sebesar Rp. 8 Juta/bulan.
2. Plt Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten BU Kuasa Barus, sudah terima TPP selama dua bulan tahun 2018, dengan besaran TPP Rp 8 Juta/bulan.
3. Plt Dinas Sosial Kabupaten BU Suharto Handayani, sudah terima TPP Sebanyak 6 Bulan tahun 2017 dan 2018 dengan besaran TPP sebesar Rp. 8 Juta/bulan

Sekedar mengingatkan, berikut besaran TPP BU berdasarkan Perbup tahun 2017 dan 2018.

No. Uraian Jabatan Besaran (Rp)
1. Eselon II A 20.000.000
2. Eselon II B 8.000.000
3. Eselon III A 2.000.000
4. Eselon III B 1.800.000
5. Eselon IV A 700.000
6. Eselon IV B 500.000
7. Pelaksana/JFT 300.000

Baca :

https://rubriknews.com/sst-pemberian-tpp-pemkab-bu-disinyalir-salahi-aturan/

http://redaksibengkulu.co.id/headline/tunjangan-perbaikan-penghasilan-pegawai-negeri-di-bengkulu-utara-naik-tapi-jadi-sorotan/

Laporan : Effendi

Related posts

Leave a Comment