Capai Herd Imunnity, Warga Desa Gunung Selan Antusias ikuti Vaksinasi

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Warga Desa Gunung Selan Kecamatan Kota Arga Makmur Bengkulu Utara, Jum’at (15/10) mendatangi Kantor Desa untuk vaksinasi, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Terlihat antusias masyarakat untuk vaksin ini, sehingga Pemdes bersama dengan Dinas Kesehatan terkait mempersiapkan hingga ratusan dosis vaksin, dikarenakan pendaftaran yang dinilai sangat positif. Hal ini disampaikan, oleh Kepala Desa Gunung Selan Mukti kepada awak media.

“Iya, hari ini kita melaksanakan program pemerintah vaksin pertama, sesuai dengan anjuran Pemerintah dalam mewujudkan Herd Immunity untuk memutus mata rantai virus covid 19 ini,” ujar Mukti.

Mukti pun menjelaskan, tentunya dalam kegiatan ini sudah memenuhi protokol kesehatan secara ketat. Semua warga desa baik remaja hingga lansia, mereka sangat antusias mengikuti vaksinasi ini. Pada kesempatan ini, pihaknya juga berkolaborasi dengan Puskesmas Arga Makmur, Babinsa, dan Babinkamtibmas untuk membantu percepatan vaksinasi.

“Sesuai progam pemerintah dalam serbuan Vaksinasi, maka kami turut menjalankannya di wilayah ini. Kami ingin menggairahkan semangat warga untuk berpartisipasi melawan Covid-19,” tandasnya

Selain itu, untuk kelompok lansia, disabilitas dan anak yang merupakan kelompok rentan, mendapatkan pelayanan prioritas di lokasi penyuntikan vaksin. Sejauh ini, antusias masyarakat terlihat dari daftar masyarakat yang ingin mengikuti vaksin gratis ini, yang sudah mencapai ratusan orang. Mengingat, banyaknya pendaftar sementara pihak Puskesmas hanya menyediakan 45 dosis vaksin, maka pihaknya langsung berkoordinasi dengan OPD terkait untuk dilakukan penambahan vaksin kembali.

“Petugas Satgas Covid desa kami, dalam membantu program pemerintah ini melakukan sambang rumah. Harapan kami, dengan mengejar target 80 persen vaksinasi ini, salah satu keuntungan yang akan didapat oleh masyarakat, ketika ingin mengadakan hajatan sudah dapat diizinkan, kendati tetap menggunakan protokol kesehatan,” demikian Kades.

Untuk diketahui, Vaksin yang didatangkan di desa Gunung Selan berupa, Sinovac yang diperuntukkan untuk remaja, kemudian Motherna yang di peruntukka untuk masyarakat paruh baya dan terakhir vaksin Pfizer yang datang dalam stok belakangan. Dalam kegiatan ini, desa dibantu oleh pihak para medis Puskesmas Pembantu Romauli Sihotang, S.St dan Bidan Sulastri Darwani, AMd, Kep yang sudha tergabung didalam Satgas Penanganan Covid 19 Desa Gunung Selan.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment