Berikut Respon ASN Yang Sudah Diklat PIM, Namun Tidak Diberikan Jabatan

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Terkait, puluhan pejabat dilingkungan Pemkab Bengkulu Utara yang merupakan kabinet Bupati Bengkulu Utara Ir. Mi’an, yang hingga saat ini belum memenuhi kewajibannya untuk mengikuti Diklat PIM. Mendapat respon dari pejabat yang diketahui memiliki kompetensi PIM, namun tidak dipakai oleh Kepala Daerah.

Dimana diketahui, Diklat PIM ini merupakan hal yang wajib untuk setiap ASN yang memangku jabatan. Sementara, banyak ASN yang sudah mengikuti diklatPIM dan dinyatakan lulus, namun tidak di pakai oleh Bupati bengkulu Utara. Hal ini sangat mengejutkan, terlebih lagi kurang tegasnya sang kepala daerah dalam membina dan mengingatkan bawahannya untuk mengikuti kewajibannya sebagai ASN terutama yang sudah duduk diamanahkan memegang jabatan.

” Ikut Diklat PIM saat ini tidak ada gunanya, karena yang dilantik dan diangkat menduduki jabatan ASN yang belum pernah memiliki kompetensi itu sama sekali,” ujar AD, yang merupakan ASN yang namanya tidak ingin disebutkan.

Sementara itu, komentar pedas juga datang dari ASN bengkulu Tengah yang mana, ia merupakan ASN pindahan dari Bengkulu Utara. Dimana, terkait fenomena kurang kompetensi ASN ini terhadap kebanyakan pejabat yang duduk saat ini, dikomentarinya merupakan hal yang wajar. Pasalnya, kebanyakan pejabat yang diangkat berasal dari fungsional guru.

“Gimana mau mengerti apa itu DiklatPIM, orang pejabat yang di amanahkan, bukan dari ASN yang sudah bercokol bertahun tahun di struktural. Ini yang diangkat dari fungsional guru, apa ngerti merekan dengan diklat PIM. Rasanya, kalau sertifikasi, mungkin mereka faham. Terlebih lagi, ASN yang berasal dari Penyuluh lapangan,” ungkap Lis kepada awak media.

Untuk diketahui, Bupati Bengkulu Utara Ir. Mi’an terkesan pembiaran atas kabinetnya saat ini. Dimana, banyak kabinetnya yang merupakan ASN yang sudah diamanahkannya menduduki jabatan lebih dari dua tahun, belum juga memiliki sertifikat kompetensi PIM, dimana sertifikat ini merupakan hal yang wajib sesuai disebutkan di dalam Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2017, tentang manajemen ASN.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment