Bagikan Raport PTS, SMAN 2 Bengkulu Utara Harapkan Kerjasama Wali Murid

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – SMAN 2 Bengkulu Utara masuki akhir bulan Oktober 2020 ini, yang sudah dimulai sejak hari Sabtu (24/10) dan hari Selasa (27/10) membagikan hasil raport Penilaian Tengah Semester (PTS) Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam hal ini, SMAN 2 BU yang ketat menggembleng pendidikan anak didiknya, mengharapkan kerjasama orang tua murid, dalam membina dan memberikan pendidikan ketika diluar sekolah. Terlebih bagi, 135 siswa yang nilai kompetensinya masih dibawah standart nilai yakni 75.

“Kami sangat ketat untuk penilaian di sekolah ini. Maka itu, pihaknya untuk menindaklanjuti pendidikan anak agar dapat ditingkatkan terlebih bagi anak didik yang nilainya belum mencapai standart nilai, itu kita akan melibatkan orang tuanya untuk bersama-sama bertanggungjawab atas pendidikan anak-nak tersebut,” ujar Kepala SMAN 2 BU Drs. Kaman, M.Pd.

Kaman pun menjelaskan, mengenai keterlibatan orang tua. Terkhusus bagi anak didik yang belum memenuhi kompetensi dari 5 mapel, dari standart nilai. Pihaknya, sengaja mendatangkan orang tua wali, guna memberitahukan perkembangan pendidikan anak-anaknya yang dinilai masih belum memuaskan. Peran serta orang tua wali inilah yang sangat diharapkan, dapat ikut andil memberikan pemahaman serta pendidikan, agar kedisiplinan anak didik ini menimba ilmu di sekolah ini dapat lebih ditingkatkan, yang akan berpengaruh pada kemampuannya.

“Artinya pada saat anak tidak sampai kompetensi, orang tua harus tau. Bahkan, capaian nilai untuk kenaikan kelas. Untuk anak yang mempunyai nilai 5 dari 5 mapel, orang tuanya wajib hadir di sekolah. Ini kami lakukan, untuk sama sama mengetahui kondisi ini, baik kekurangan dan kelebihan. Untuk kiat sekolah sendiri, atas siswa yang memiliki nilai dibawah kompetensi?. Kembali lagi, kita melibatkan orang tua untuk kerjasamanya dan selalu ada kesempatan untuk memperbaikinya hingga ia dapat mengejar nilai, agar dapat menjadi syarat kenaikan kelas. Peringatan untuk orang tua, itu dimulai sejak pertengah tahun ini, agar tahu sejauh mana kondisi pendidikan anaknya di sekolah ini,” jelas Kaman.

Kaman pun membeberkan, fungsi PTS itu adalah kelengkapan nilai yang berfungsi untuk penilaian kenaikan kelas. Jangkauannya atau cakupannya, nilai yang dicapai harus selalu meningkat, karena akan berpengaruh pada nilai di raport untuk kenaikan kelas hingga kelulusan, terlebih untuk mengikuti tes di universitas negeri.

“Dalam satu penilaian pertengah semester itu ada tiga tahapan, dimana pihaknya memproses hingga tahap pertengah PTS. PTS ini dilaksanakan awal bulan kemarin, prosesnya menggunakan jaringan lokal selama 8 hari setelah penilaian dilakukan pembagian raport PTS. Pembagian sendiri, kita bagi dalam dua sesi mengingat kondisi covid ini. Sementara, untuk anak didik yang nilainya masih dibawah standart kompetensi, kita tidka membagikan raportnya kepada anak didik, melainkan memanggil orang tuanya,” imbuhnya.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment