9 Orang Anggota BPD Desa Giri Kencana, Terpilih Secara Demokrasi

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – (10/10) sebanyak 9 orang masyarakat desa Giri Kencana Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara, terpilih menjadi Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025. Pemilihan ini berlangsung sukses, dengan total pendaftar sebanyak 24 orang, dengan rincian 19 pendaftar mewakili dusun dan 5 pendaftar mewakili perempuan.

Proses pemilihan

Ketua Panitia Pemilihan BPD Muhammad Zaenudin mengatakan, mengucapkan rasa syukur atas suksesnya pemilihan anggota BPD, dan berterimakasih kepada unsur Tripika. Dalam hal ini, Camat Ketahun, Kapolsek Ketahun, Danramil Ketahun, serta terkhusus Kepala Desa Giri Kencana, beserta Perangkatnya, seluruh Pansel pengisian BPD, dan seluruh peserta musyawarah Pemilihan anggota BPD.

“Alhamdulillah syukur, kegiatan Pemilihan BPD Desa Giri Kencana, berjalan lancar, aman dan tertib, tanpa ada halangan serta kendala,” ujar Zaenudin.

Ia pun berharap, semoga anggota BPD yang terpilih, dapat mengemban tugas dan amanah dengan baik serta dapat bekerja sama dan menjadi mitra baik Pemerintah Desa Giri Kencana.

“Yang paling penting, anggota BPD nantinya, dapat ikut menyuarakan aspirasi masyarakat desa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Giri Kencana Wahyudi mengatakan. BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi, dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”nya desa. Dalam Undang-undang no 16 Tahun 2014, fungsi BPD antara lain adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

“Kami berharap yang terpilih menjadi anggota BPD dapat berkerja sama dan menjadi mitra yang baik, untuk bersama-sama membangun Desa Giri Kencana kedepannya. Terbentuknya BPD bertujuan mendorong terciptanya partnership yang harmonis, serta tidak konfrontatif antara kepala desa sebagai kepala pemerintah desa dan BPD sebagai wakil-wakil rakyat desa. BPD haruslah hadir sebagai fungsi kontrol atas kekuasaan eksekutif desa, dan lembaga kepercayaan masyarakat. Karena, lahirnya BPD, dinilai sebagai institusi politik demokrasi di masyarakat pedesaaan, yang memberikan suasana demokratis di desa,” jelasnya.

Berikut nama-nama anggota BPD yang terpilih :
Perwakilan dusun 1 :
1. Wigih santoso
2. Fendi arianto
Perwakilan dusun 2 :
1. Kasino
Perwakilan dusun 3 :
1. Risdianto
2. Bambang supriyadi
Perwakilan dusun 4 :
1. Budi preyetno
Perwakilan dusun 5 :
1. Mulyono
Perwakilan dusun 6 :
1. Hendri miswan
Perwakilan perempuan
1. Sri lestari

Laporan : Teguh Prihatin
Editor : Redaksi

Related posts

Leave a Comment