RSUD Arga Makmur Percayakan Pengolahan Limbah B3 Pada Pihak Ketiga

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arga Makmur diserahkan sepenuhnya kepada pihak ketiga. Limbah B3 tersebut, terdiri limbah medis dan limbah kering.

Dijelaskan Direktur RSUD Arga Makmur Jasmen Silitonga kepada awak media menjelaskan. Limbah yang ada di RSUD Arga Makmur, dikumpul di tempat penampungan limbah.

“Kita kerjasama dengan pihak ketiga untuk masalah limbah, jadi kita kumpulkan limbahnya, sudah menumpuk baru kita telepon agar mereka ambil. Limbah ini dibawa ke Jakarta, hasil dan buktinya diserahkan kepada kita,” ujarnya.

Jasmen menambahkan, kerjasama soal limbah yang diserahkan ke pihak ketiga, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 101 tahun 2014 tentang pengelolaan limbah B3. Pihaknya, juga melakukan tahapan pemilahan, guna memisahkan sampah medis dan kering.

“Sampah itu ada tempat sementara. Sampah medis itu, kita pakai kantong kuning, kantong hitam itu untuk sampah kering. Tempatnya juga, kita bedakan,” bebernya.

Hal ini dijelaskan Jasmen, pihaknya mengambil pengalaman dan mencontoh Rumah Sakit yang belum memiliki kemampuan untuk mengolah sendiri limbah B3. Kerjasama dengan pihak ketiga ini pun, dilakukannya secara selektif dan jelas. Mengingat, pernah ada kasus sampah medis, yang diambil oleh orang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu, mulai dari pengamanan SDM hingga pagar sekeliling Rumah Sakit, ia buat agar lebih mengamankan lingkungan RS.

“Jadi tidak ada lagi, orang yang tidak bertangungjawab masuk bebas di RS,” imbuhnya.

Terkait kendala masalahan limbah, pihaknya belum memiliki tempat yang strategis untuk pengumpulan sampah. Untuk itu, saat ini pihaknya semaksimal mungkin menggunakan tempat penampungan yang ada.

Laporan : Redaksi

Related posts

Leave a Comment