Pungli Menjamur, Hanya jadi Tontonan Satgas

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Miris, sejak di bentuk pada bulan Februari Tahun 2017, Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar ( Saber Pungli) hanya terkesan menonton, terhadap menjamurnya dugaan pungli yang terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara (BU), mulai dari dugaan pungli didunia pendidikan, di pemerintahan desa dan kecamatan, hingga dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum pejabat.

Ini dapat terlihat, berbagai macam dugaan pungutan liar yang satu demi satu mencuat ke permukaan. Namun, tidak satupun yang menjadi prioritas pengusutan ataupun penindakan. Sementara, Satgas yang dibentuk atas intruksi langsung dari Presiden ini, dimana menjadi tanggungjawab dari pihak Pemerintah Daerah (Pemda), yang diharapkan dapat mengurangi rasa sakit masyarakat yang menjadi korban pungli, tidak ada satupun gebrakan pengungkapan kasus pungli.

Menyikapi hal ini, Inspektur Inspektorat Dullah, SE tidak menampik kondisi tersebut, Diakui Dullah, selain pihaknya hingga saat ini belum juga menerima pengaduan soal dugaan pungli, juga terkendala dana yang tidak dapat memaksimalkan kinerja satgas ini.

” Bekerja itu butuh operasional, sementara operasional tidak ada bagaimana mau memaksimalkan kinerja satgas ini,” ungkap Inspektur yang menjabat sebagai Sekretaris di tim Satgas Saber Pungli BU

Disinggung, seperti apa realisasi dana yang sudah terkucurkan dari Pemkab BU yang diambil dari dana tak terduga sebelumnya, untuk Satgas ini. Dullah mengakui, dana tersebut sudah digunakan selain untuk pembayaran honor tim, juga dilakukannya sosialisasi di beberapa tempat kecamatan, meskipun itu juga belum maksimal.

” Dana yang ada kemaren tidak mencukupi, dan sudah dihabiskan untuk honor dan sosialisasi, itupun belum maksimal. Dan jika tidak ada halangan, tahun 2018 ini kami akan berusaha untuk memaksimalkan kerja tim,” imbuhnya.

Lebih jauh Dullah menjelaskan, ketika ditanya sudah berapa banyak pengaduan atau laporan yang masuk. Ironisnya, Call Center yang sudah dibentuk tidak terfungsikan dengan baik, pasalnya hingga saat ini diakui Dullah belum ada satu pun pengaduan yang diterima oleh pihaknya.

” Sejak saya duduk menjadi Sekretaris Saber Pungli ini, saya belum menerima laporan sama sekali. Namun tidak tahu dengan pejabat sebelum saya, apakah ada laporan atau tidak. Sementara, mengenai informasi yang katanya sudah banyak pengaduan yang masuk, kemungkinan pengaduan itu tidak masuk ke call center namun masuk ke individu unsur pimpinan Satgas ini. Semoga saja, tahun 2018 nanti kita bisa memaksimalkan satgas ini,” tandasnya.

 

Laporan : Effendy

Related posts

Leave a Comment