Tahun Ini PUPRP Geber Revitalisasi Jalan, Pengertian Warga Dibutuhkan

RubriKNews.com, LEBONG – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPRP) Kabupaten Lebong, mengawali tahun 2018 ini, menunjukkan keseriusannya untuk menggeber pembangunan di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Dan yang menjadi fokus utama, dari sektor infrastruktur jalan yang terus ditingkatkan dengan menjaga kualitas dan kuantitas yang baik.

Meski demikian, Kepala Dinas PUPRP Kabupaten Lebong Ir. Edi Ramlan melalui Kabid Bina Marga Donni Swabuana, ST, M.Si mengungkapkan, pihaknya tidak akan dapat menjalankan target tahun 2018 ini, jika tidak didukung dan kerjasama dari masyarakat. Mengingat, pekerjaan dan target pembangunan ini diharapkan tidak hanya untuk memajukan Kabupaten Lebong tapi juga dapat bermanfaat bagi masyarakat. Maka itu, dukungan serta pengertian masyarakat dalam hal ini sangat dibutuhkan.

” Kerjasama warga yang kami butuhkan kali ini, seperti halnya pekerjaan revitalisasi jalan yang akan kami lakukan di wilayah jalan terminal pasar Muara Aman Kabupaten lebong, yang telah masuk dalam perencanaan pembangunannya tahun ini, yang akan dimulai sekitar bulan Maret mendatang. Maka itu, partisipasi pengelola pasar untuk memberikan arahan kepada warga pemilik kios agar mengosongkan kios yang berada di sisi kanan terminal dari arah pintu gerbang terminal, sangat diharapkan. Kepada warga sendiri, mohon kerjasamanya,” ungkap Donni.

Sejauh ini, fokus pembangunan yang terus dilakukan diantaranya peningkatan dan juga telah melaksanakan proyek pelebaran jalan dari Desa Ujung Tanjung hingga Desa Karang Dapo Bawah Kecamatan Bingin Kuning. Wacananya, tahun 2018 ini Bidang Bina Marga, DPUPRP Lebong kembali akan melakukan pelebaran jalan lanjutan. Kali ini, dari Jalan Lintas Karang Dapo Atas hingga menuju Kelurahan Turan Lalang Kecamatan Lebong Selatan akan dilebarkan. Pelebaran jalan, akan dilanjutkan kembali dengan total panjang 2,8 kilometer dari titik Desa Karang Dapo Atas, Kecamatan Bingin Kuning hingga ke Kelurahan Turan Lalang, Kecamatan Lebong Selatan.

” Pelebaran jalan sisi kiri dan kanan sekitar 1,5 hingga 2 meter disertai pembangunan siring, drainase, pelapis tebing pada sisi kiri dan kanan jalan dengan panjang menyesuaikan dengan kondisi di lapangan,” bebernya.

Lebih jauh Donni mempertegas, kegiatan ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Lebong tahun 2018, dengan nilai mencapai Rp. 5 Miliar. Yang diantaranya juga termasuk didalamnya kegiatan, untuk peningkatan jalan lintas Desa Ujung Tanjung II, Kecamatan Lebong Sakti hingga Desa Karang Dapo Bawah, Kecamatan Bingin Kuning yang telah dilebarkan pada tahun 2017 lalu, dan akan segera dihotmix pada tahun 2018 ini juga.

“Kita harap mulai dari sekarang baik itu camat, lurah maupun kepala desa untuk segera sosialisasikan kepada masyarakat. Sebab, banyak sekali keuntungan yang diperoleh masyarakat jika jalannya sudah lebar,” imbuhnya.

 

Laporan : Apri
Editor : Effendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *