JABU Offroad dan Trail Adventure Dibuka Langsung Bupati Bengkulu Utara

Even JABU Bupati Bengkulu Utara dihadiri Offroader dan trail adventure

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara, Sabtu pagi (1/12) sukses helat acara besar Jelajah Alam Bengkulu Utara (Jabu) yang melibatkan tidak kurang dari 125 offroader dari berbagai provinsi, diantaranya Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi dan dari sejumlah kabupaten di Provinsi Bengkulu bersama dengan peserta tuan rumah Bengkulu Utara (BU), dan sekitar 750 peserta motor Trail Adventure yang ikut meramaikan even JABU dihelat selama dua hari ini.

Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mi’an pun mengapresiasi kegiatan promosi pariwisata ini, yang mana dirinya sendiri semangat ikut terjun langsung mengikuti kegiatan ini. Ia berharap, JABU ini akan datang JABU II dan seterusnya.

“Mantab, kegiatan ini menjadi promosi pariwisata tersendiri yang sangat bermakan. Kedepan, tidak ada lagi istilah daerah Arga Makmur merupakan daerah sepi, karena kedepan dengan giat Dinas Pariwisata bengkulu Utara dengan kegiatan JABU ini, Arga Makmur menjadi kota ramai dikunjungi banyak wisatawan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata BU, Mustarani Abidin M.Si, disela acara pembukaan. Dikatakannya, even ini digelar guna mempromosikan sejumlah obyek wisata di daerah Bengkulu Utara. Hari pertama, digelar Adventure Off Road (AOR) dan di hari kedua kegiatan campuran selain AOR juga digelar Trail Adventure Offroad (TAO).

“Jumlah peserta hingga tadi malam, untuk peserta AOR ada sekitar 119 peserta, dan motor yang sudah teregistrasi sebanyak 400 peserta. Harapan kita ini untuk memperkenalkan objek wisata yang ada di Bengkulu Utara, karena yang dilalui oleh para peserta Jabu ini adalah di objek-objek wisata,” ujar Mustarani.

Hari pertama Even, langsung dilepas oleh Sekda Bengkulu Utara, Dr. Haryadi, S.Pd, MM, M.Si yang bertempat di Alun-alun Rajo Malim Paduko. Sekedar diketahui, untuk rute AOR yang akan dilintasi, mulai dari alun-alun – Pasar Purwodadi – Kemumu, Pematang Balam, kemudian keluar ke Sumber Rejo, dan finish kembali di alun-alun.

“Sementara untuk rute motor mulai dari alun-alun, Talang Denau, Gunung Selan, Tanjung Karet, Lubuk Balam, Dusun Curup, kemudian istirahat di jembatan pelangi, keluar ke Air Merah, masuk ke Hutan Kota Arga Makmur dan disini ada tanjakan berhadiah untuk para peserta, terakhir finish di alun-alun,” bebernya.

Disisi lain, dalam rangka kegiatan mempromosikan beberapa objek wisata yang ada di daerah Bengkulu Utara, Andaru Pranata,SE selaku Ketua Anti Narkoba Sekolah (KANS) mempersembahkan 1 Unit Motor Honda Crf 150 CC di Event JABU 2018. Event JABU yang digelar oleh Dinas Pariwisata ini, yang diikuti ratusan pencinta rider motor trail yang datang dari berbagai daerah tersebut, sepertinya semakin seru ketika para rider beruji nyali saat menuju beberapa objek wisata yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara.

“Sebagai apresiasi kita kepada para rider yang sudah ikut serta di Event JABU, dalam rangka mempromosikan wisata di daerah kita, maka saya persembahkan 1 unit motor di acara ini,” singkat Andaru.

Dalam kesempatan ini, bersamaan dengan kegiatan JABU, Bupati BU juga meresmikan panggung hiburan terbesar di Bengkulu Utara yang letaknya tepat di Alun-alun Rajo Malim Paduko Arga makmur. Selain itu, peresmian juga dilakukan untuk mushola.

Untuk diketahui, kegiatan ini selain dihadiri oleh seluruh Offroader dan Crosser Adventure juga dihadiri oleh segenap jajaran Forkominda, dan unsur OPD dilingkungan Pemkab BU. Kegiatan ini sendiri bertabur hadiah, dimana hadiah utama persembahan Andaru Pranata satu unit Motor Trail Honda, dan 4 unit sepeda motor bebek serta hadiah lainnya.

Laporan : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *