Gali Bakat Pelajar, SMAN 2 Jadi Tuan Rumah Gelar O2SN dan FLS2N

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Dimulai sejak Senin kemarin (2/4) Sekolah Menengah Atas negeri (SMAN) 2 Arga Makmur menjadi tuan rumah selama dua hari, digelarnya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten di Bengkulu Utara. Dimana diketahui, even tingkat pelajar ini guna menggali dan mencari bakat dari para pelajar, baik itu dari bidang olahraga hingga seni budaya.

Pembukaan yang langsung dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Provinsi Bengkulu, serta dari Dispendik Bengkulu Utara ini, langsung dilaksanakan perlombaan. Dalam sambutannya perwakilan Dispendikbud Provinsi Bengkulu Wahyu mengemukakan, ajang O2SN dan FLS2N ini dihelat agar dengan kegiatan itu dapat menjadi ajang mengasah potensi para pelajar dalam hal pendidikan ekstrakurikuler, untuk dipersiapkan di berbagai even Provinsi, Nasional hingga tingkat Internasional nantinya.

“O2SN dan FLS2N Ini ajang olah pikir, hati dan olah rasa bagi pelajar yang memiliki bakat terpendam. Untuk itulah even ini digelar, agar selain dapat mencari bibit-bibit berbakat dalam sebi budaya dan olah raga, juga dapat mengasah kemampuan dari pelajar dengan menjunjung tinggi kreatifitas serta sportifitas,” ungkap Wahyu singkat.

Drs. Kanan
Kepala SMAN 2 Arga Makmur

Sementara itu, Drs. Kaman selaku Kepala SMAN 2 Arga Makmur juga menambahkan. Ajang even sekolah yang dipusatkan di sekolah yang ia pimpin ini, merupakan suatu kehormatan besar, dimana para siswa dari berbagai penjuru se Kabupaten BU berkumpul disini mengasah bakat dan kreatifitasnya. Namun meski demikian, ia tetap menjunjung tinggi sportifitas dimana dalam hal even ini dewan juri bukan asal comot sembarangan, melainkan dewan juru yang benar-benar dinilai transparan dan mengedepankan sportif.

” Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menggali potensi diri dan kreatifitas serta sportifitas para siswa. Baik O2SN maupun PLS2N menurutnya, merupakan sistem pembinaan olahraga yang bertujuan menjaring bibit atlet berbakat dalam bidang olahraga. Dalam hal ini nantinya, para pelajar yang memiliki bakat akan dibina dan dikembangkan secara lebih terarah dan berkelanjutan. Hal ini dilakukan, agar para pelajar dapat menjadi andalan daerah dalam mengisi berbagai even, mulai dari ajang even olahraga maupun seni budaya, baik tingkat lokal, regional, maupun internasional,” jelas Kaman.

Selain itu sambung Kaman, even ini juga sebagai upaya memberikan ruang bagi kreativitas dan potensi pelajar, dimana diharapkan para pelajar dapat menjalani aktivitas yang mampu mewadahi ekspresi siswa. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mewadahi berbagai bentuk potensi serta kemampuan yang dimiliki siswa sehingga dapat memberikan prestasi dan kebanggaan bagi dunia pendidikan khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya.

” Even O2SN dan FLS2N ini terdiri dari beberapa perlombaan antara lain 9 Cabang olah raga dan 16 Cabang Seni Budaya. Tahun 2017 Kabupaten Kota Se propinsi Bengkulu, untuk tingkat SMA Bengkulu Utara mendapat Juara Umum, sedangkan ditingkat Nasional 3 Siswa atau tiga sekolah dari Kabupaten Bengkulu Utara utusan dari propinsi Bengkulu Mendapat Juara Nasional.
Harapannya, tahun 2018 ini para pelajar tetap dapat mempertahankan juara umum, baik tingkat propinsi maupun tingkat Nasional,” demikian Kaman.

Laporan Effendi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *