Dinas Perdagangan Bengkulu Utara, Bangun Gedung Meterologi Legal

Dinas Perdagangan bengkulu Utara bangun gedung meterologi legal

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Menarik, meski masih dibatasi dengan beberapa keterbatasan, Dinas Perdagangan Kabupaten Bengkulu Utara, Tahun 2018 tetap menjalankan kegiatan pembangunan gedung UPT Meterologi Legal, yang berdiri diatas lahan SD Model diwilayah desa Karang Suci Kecamatan Arga makmur Kabupaten Bengkulu Utara.

Zulkarnain, SH, MH selaku Kepala Dinas Perdagangan BU ketika dikonfirmasi dikediamannya belum dapat memaparkan terkait pembangunan gedung UPT ini, terlebih lagi untuk fungsi secara detailnya. Hanya saja Zul membeberkan, bahwa UPT ini merupakan pembentukan dari pihak kementrian Perdagangan, yang akan diisi didalamnya akan diisi satu unit yang akan dibentuk, alat tera ukur dan semacamnya.

” Selama ini kita setiap mau nera tidak bisa, dan harus numpang ke Provinsi. Maka itu, untuk memudahkan kinerja di Pemerintah Daerah kita mengusulkan untuk dibentuknya UPT Meterologi Legal di Kabupaten,” ujar Zul.

Zul pun memaparkan, untuk Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mebgisi UPT ini nantinya, ia mengaku sudah memilii satu orang namun baru tingkat pertama, dan yang jelas ia tidak menampik SDM nya belum memiliki sertifikat resmi. Untuk soal SDM akan menyusul kata Zul, yang pasti tahab awal pihaknya membangun gedungnya terlebih dahulu dimana sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Perdagangan RI dengan nominal 1,7 Milyar, dan pekerjaan ini merupakan pekerjaan fisik kontruksi yang semestinya sudah kelar pada tanggal 25 November 2018 ini.

“Untuk SDM baru tingkat pertama, yang jelas belum ada. Pertama pusat membantu membangun gedung, dengan anggaran 1,7 milyar untuk pagar dan gedung yang belum beserta isinya,” beber Zul.

Disinggung apakah UPTD Meterologi Legal ini nanti dapat berfungsi dengan baik untuk kedepannya, Zul pun tidak berani memberikan jaminan. Pasalnya, meskipun Meterologi Legal di BU sudah berdiri, pihaknya tetap saja belum memiliki kewenangan untuk menera, dan masih akan melibatkan pihak Meterologi Provinsi.

“Kita belum memiliki kewenangan menera, meskipun nanti sudah berdiri dan selesai UPTD di Kabupaten, tetap saja akan melibatkan pihak Provinsi,”demikian Zul.

Laporan : Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *