Anggota DPD RI Ikut Kritik Sikap Kabag Umum, Diduga Intimidasi Wartawan Bengkulu Utara

Ahmad Kanedi Kritik Sikap Kabag Umum Intimidasi Wartawan,

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Anggota DPD RI Ahmad Kanedi kritik aksi kurang terpuji seorang pejabat sekelas Kabag Umum Setdakab Bengkulu Utara Kardo Manurung, yang diduga mengintimidasi wartawan yang tengah menjalankan tugas profesinya. Dikatakan eks Walikota Bengkulu ini, akan jadi apa daerah jika unsur pimpinan dilingkungan Pemerintah sendiri anti kritik dan menghalang-halangi profesi kontrol masyarakat.

“Mengapa bisa (Intimidasi wartawan,red) seperti itu Bengkulu Utara saat ini,” ujarnya.

Baca : PWI Bengkulu Utara Ikut Mengecam Aksi Kabag Umum Diduga Intimidasi Wartawan

Ia pun memaparkan, semestinya seorang unsur pimpinan terlebih seorang pejabat pemerintah itu dapat memahami posisinya. Dimana jabatan tersebut merupakan jabatan publik, yang tentunya menjadi sorotan masyarakat. Untuk itu, bagi seseorang yang memiliki jabatan sudah semestinya untuk menjaga etika dan tingkah laku terhadap masyarakat, rekan kerja dan kepada siapapun terutama kepada pemburu informasi seperti wartawan. Mengapa demikian, itu sudah menjadi kewajiban untuk saling menghargai antara seorang pejabat dengan profesi kontrol masyarakat. Karena itu akan bersinergi, jika kedua belah pihak dapat saling memahami satu dan lainnya. Namun jika salah satu saja tidak bisa saling menghargai, dan terkesan merendahkan apalagi terindikasi mengintimidasi, itu sudah tidak benar dan bisa menjadi warning bagi kemajuan daerah itu sendiri.

“Jika tidak bisa bersinergi antara pejabat publik dengan profesi kontrol publik, itu sudah gawat, bisa rusak Bengkulu Utara jika pejabatnya melakukan hal yang saat ini terjadi di Bengkulu Utara. Harusnya hal seperti ini dapat segera diselesaikan secara kekeluargaan, yang mana satu sama lain dapat saling memaafkan dan bertemu untuk bersinergi sama sama membangun Bengkulu Utara,” imbuhnya.

Ia pun mengingatkan, bahwa seorang pejabat itu sudah seyogyanya dapat mengayomi semua. Terlebih lagi media yang merupakan mitra abadi pemerintah didalam setiap gerakan pembangunan. Seperti sebuah pendapat, bahwa kemajuan daerah itu diukur dengan kemajuan dan perkembangan industri media dan jurnalis. Sehingga hal tersebut, sangat penting untuk dapat dijadikan makna dalam membangun bersama.

“Kita semua memiliki kekhilafan, tidak semua manusia sempurna. Namun ada kalanya kita dapat menerima apapun kritikan, karena itu demi untuk kemajuan suatu daerah. Saran saya, kepada pejabat untuk tidak menunjukkan sikap yang tidak baik terutama kepada para jurnalis, dan akan lebih baik dapat sejalan untuk membangun daerah,” pungkasnya.

Sekedar mengingatkan, aksi kurang terpuji seorang Kardo Manurung mendapatkan kecaman dari berbagai pihak, baik dari masyarakat hingga organisasi profesi dan terbaru langsung dari senator yang mewakili masyarakat Provinsi Bengkulu. Dimana, kecaman ditujukan kepada tingkah laku oknum pejabat yang terkesan mengintimidasi wartawan ketika tengah menjalankan tugasnya. Hal demikian tidak sepatutnya terjadi, jika seorang pejabat dapat memahami posisinya. Untuk diketahui, Kabag Umum Setdakab Bengkulu Utara Kardo Manurung, terindikasi telah menakut-nakuti salah satu wartawan yang bertugas di Kabupaten Bengkulu Utara, ketika menjalankan profesinya untuk meminta klarifikasi dan konfirmasi terhadap Asisten III Setdakab BU Ramadanus, SE. Dimana, kejadiannya seorang Kardo Manurung selain selalu menjadi orang yang menjawab ketika wartawan mengajukan pertanyaan kepada Asisten III juga menyebut-nyebut nama seorang Aparat penegak Hukum (Polisi,red) yang disinyalir untuk menakut-nakuti wartawan dalam menjalankan tugasnya. Menariknya lagi, seorang Kabag Umum Setdakab BU yang merupakan bawahan Asisten III justru lancang memerintah atasannya tersebut, yang dilakukannya dihadapan awak media dan juga seorang politisi dari DPC Partai Perindo Bengkulu Utara, yang mana kejadiannya pada 12 November 2018 silam.

Baca juga :

Kanit Tipidkor Polres Bengkulu Utara Bingung, Namanya Disebut Diduga Menakuti Wartawan

Hebat, Lampaui Wewenang, Kabag Umum Memerintah Asisten III Setdakab Bengkulu Utara

Sebut Nama Polisi, Ketua Aliansi LSM Bengkulu Utara Kecam Tindakan Kabag Umum Takuti Wartawan

 

One Reply to “Anggota DPD RI Ikut Kritik Sikap Kabag Umum, Diduga Intimidasi Wartawan Bengkulu Utara”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *