Peserta Didik SMKN 2, Hanya Dipungut Uang Komite Dan Les Rp 150 Ribu
Ketua Komite Mengakui Akan Menahan Nomor Ujian Semester, Jika Tidak Membayar Pungutan Komite

RubriKNews.com, BENGKULU UTARA – Menanggapi keluhan wali peserta didik soal pungutan liar, yang dinilai berani melakukan pungutan. Ketua Komite SMKN 2 Arga Makmur Admi Haryono, mengungkapkan, berani melakukan pungutan komite sekolah kembali, setelah adanya lampu hijau dari pihak sekolah, yang telah melakukan rapat dengan hasil diperbolehkannya pungutan tanpa berbenturan dengan hukum, sesuai dengan PP Nomor 48 Tahun 2008, menimbang Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016.

” Iya saya berani melakukan pungutan lagi, untuk membantu sekolah yang tidak terakomodir oleh dana BOS. Dan ini sudah kami rapatkan dengan wali peserta didik, dan sudah di setujui oleh seluruh peserta didik,” ungkapnya.

Dijelaskan Admi, pihaknya selaku komite sekolah telah memaparkan kepada 80 persen peserta didik SMKN 2 Arga Makmur, tujuan rapat komite yang telah diselenggarakannya pada 22 November 2017 lalu ini, mengatakan. Selain untuk menjadi ajang silaturrahmi antara wali murid peserta didik dengan sekolah. Kemudian membahas kebutuhan pembiayaan siswa SMKN 2 Arga Makmur Bengkulu Utara, untuk menunjang peningkatan mutu siswa untuk lulusan. Dan menyamakan persepsi, tentang sumbangan wali murid untuk pembiayaan proses belajar dan mengajar.

” Kita sudah rapat, selain ajang untuk menjalin tali silaturrahmi dan membahas kekurangan dana sekolah,” bebernya.

Sejauh ini, kebutuhan sekolah yang telah dilaporkan kepada pihaknya selaku Komite, untuk membayar guru honor dan tenaga TU, petugas parkir, petugas keamanan dan petugas kebersihan. Kemudian membantu untuk meningkatkan kompetensi siswa, untuk kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan tuntutan wajib kurikulum 2013.

” Untuk kelas III kita melakukan pungutan sebesar Rp. 150 Ribu yang sudah termasuk biaya les. Yang sudah sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bengkulu, tentang pendanaan pendidikan yang berhubungan dengan sumbangan wali murid atau pihak ketiga,” imbuhnya.

Admi menjelaskan rincian peruntukkan pungutan, sebesar Rp. 30.460.000, diantaranya untuk tenaga honor sebanyak 10 orang dengan besaran Rp. 1,3 Juta yang dikalkulasikan berjumlah Rp. 13 Juta. Selanjutnya, biaya peningkatan kompetensi siswa untuk 179 orang dengan nominal besaran Rp 50 Ribu dengan jumlah Rp. 8.950.000. Selanjutnya untuk biaya Extra Kurikuler untuk 179 siswa dengan besaran pungutan Rp. 40 Ribu yang berjumlah Rp. 7.160.000. Lalu untuk biaya wali kelas berjumlah 9 orang dengan perorang dibayar Rp. 150 ribu perbulan yang ditotalkan berjumlah Rp. 1.350.000,-.

” Untuk kelas II dan kelas I berbeda pungutannya, dimana kelas II kita hanya memungut Rp. 143 Ribu sementara kelas I hanya dipungut 137 ribu. Dimana besaran pungutan perbulan, yang dapat kita kumpulkan untuk kebutuhan siswa ini saja, sebesar Rp. 30 Jutaan,” jelasnya.

Admi juga menyampaikan, dibanding dengan sebelumnya pungutan yang mulai diberlakukan per Juli Tahun 2017 ini, banyak sekali perbedaan dibanding tahun sebelumnya, yang tetap dipungut namun tidak memaksa. Dimana perbedaan tersebut, tidak ada lagi pungutan daftar ulang awal tahun, selanjutnya tidak ada lagi sumbangan tahunan Rp. 950 ribu, lalu tidak ada lagi pungutan lain-lain yang saat ini jumlah pungutan jauh lebih kecil.

” Sebelumnya kami tetap memohon maaf, karena tetap melakukan pungutan uang komite sebelumnya meskipun tidak memaksa. Hal ini menimbang, protesnya wali peserta didik yang sebelumnya sudah membayar. Kemudian, kami juga memohon maaf akan menahan nomor ujian, jika wali peserta didik tidak membayar uang pungutan komite ini, mengingat ini untuk kebutuhan sekolah. Meski demikian, disaat ujian semester nanti seluruh siswa dan siswi SMKN 2 Arga Makmur, seluruhnya akan tetap mengikuti ujian tanpa terkecuali,” tandasnya.

 

Laporan : Effendy

 

Baca berita terkait :

http://rubriknews.com/firdaus-ini-hasil-rapat-mkks-yang-disetujui-lakukan-pungutan-komite/

http://rubriknews.com/soal-pungli-komite-kepsek-smkn-2-juga-angkat-bicara/

http://rubriknews.com/tahan-nomor-semesteran-begini-kata-komite-sman-1-arga-makmur/

http://rubriknews.com/pungutan-komite-sekolah-kembali-menggeliat-nomor-ujian-semesteran-ditahan/

Related posts

Leave a Comment